PREDIKSI SISTEM STOK BARANG TOKO ELEKTRONIK ABC DENGAN ALGORITMA APRIORI DAN METODE MOVING AVERAGE

  • Suzuki Syofian Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Adhitya Nugraha Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: stok barang, sistem prediksi, Apriori, Moving Average

Abstract

Kesulitan untuk mengetahui perkiraan penambahan persediaan barang pada toko abc, sehingga akan berakibat pada sirkulasi dan ruangan yang tersedia tidak sesuai dengan kebutuhan. Dalam penambahan stok barang tidak ada waktu yang ditentukan jika ingin membeli stok barang tersebut. Terkadang juga persediaan barang habis sebelum di ketahui adanya pemesanan barang berikutnya. Penggunaan algoritma apriori untuk mengetahui barang yang sering dan laku terjual dan metode moving average di gunakan untuk menghitung jumlah prediksi sesuai dengan jenis persediaan barang. Diharapkan dengan bantuan aplikasi dengan pemanfaatan algoritma algoritma  Apriori dan Moving Average dapat memperkirakan apa yang dibutuhkan atau stok bahan apa  saja yang dapat ditambah ke dalam gudang sesuai dengan perhitungan yang ada di  di sistem.

References

[1]. Andika, B., Winata, H., & Ginting, R. I. (2019). Sistem PendukungKeputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite (Electre). Sains dan Komputer (SAINTIKOM) , 47-54.
[2]. Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri , 121-129.
[3]. Haming, M., & Nurnajamuddin, M. (2007). Manajemen Produksi Modern Buku1 : Operasi manufaktur dan jasa. Jakarta: Bumi Aksara.
[4]. Hariyanto, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Indonesia Berbasis Web Services. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) .
[5]. Kristanto, A. (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
[6]. Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.
[7]. Larose, D. T. (2005). Discovering Knowledge in Data. Canada: Wiley Interscience.
[8]. Sulaiman, H., Hartono, W., & Raharjo, J. F. (2017). Penerapan Dari Model Matematika Pengendalian Persediaan Barang (Inventory Model) Pada Sistem Produksi Di PD.
[9]. Tsany, D. F., Mulyawan, B., & Sutrisno, T. (2018). Perancangan Sistem Penjualan Dan Prediksi Persediaan Stok Barang Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Berbasis Web Pada Toko Dy Computer. Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi , 60.
Published
2021-03-15