SISTEM INFORMASI PENJUALAN BUMBU MASAK BERBASIS WEB PADA CV. BUDI BERKAH

  • Martin Suhendra Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Aji Setiawan Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: UM, Waterfall, Sistem Informasi

Abstract

Lembaga ataupun unit kerja yang melayani kebutuhan publik sangat membutuhkan data serta pengelolaan yang tepat. Pada proses transaksi penjualan serta pembelian yang belum memakai sarana komputerisasi menimbulkan proses transaksi tersebut jadi tidak efektif, sehingga berdampak kesalahan perhitungan, memakan waktu yang lama, pengerjaan laporan yang tidak terperinci yang menimbulkan pemilik susah untuk menganalisa laporan pembelian serta penjualan. Dalam membuat sistem transaksi yang cocok untuk kebutuhan, hingga kegiatan dalam lembaga tersebut bisa dilaksanakan dengan efektif serta efisien. Penelitian ini dimulai dengan melakukan wawancara kepada pemilik CV BUDI BERKAH serta mengamati proses transaksi penjualan pembelian di BUDI BERKAH. Sistem yang dibangun memakai tata cara pengembangan system waterfall serta MySQL selaku database aplikasi ini. Dengan adanya sistem yang dibuat diharapkan dapat mempermudah pemilik dalam melaksanakan transaksi penjualan ataupun pembelian.  

References

Agus Prayitno,Yulia Safitri, 2015. “Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis”. Indonesian Journal On Software Engineering, ISSN : 2461-0690.
Penda Sudarto Hasugian, 2018. “Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi”.Journal Of Informatic Pelita Nusantara, e-ISSN 2541-3724.
Omar Pahlevi, Astriana Mulyani, Miftahul Khoir, 2018. “Sitem Informasi Inventori Barang Menggunakan Metode Object Oriented Di PT. Livaza Teknologi Indonesia Jakarta”. Jurnal Prosisko, e-ISSN : 2597-9922, p-ISSN: 2406-7733.
Rozul Imam, Agus Ramdhani Nugraha, 2018. “Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Original Clothing Indonesia Berbasis Web”. Jumantaka, EISSN : 2613-9146.
Yunahar Heriyanto, 2018. “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. Apm Rent Car”. Jurnal Intra-Tech, ISSN : 2549-0222.
Published
2021-03-15