KLASIFIKASI PENENTUAN CUSTOMER KREDIT MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR

  • Afri Yudha Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Yosep Nuryaman Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Budi Prasetya Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: kredit, data mining, knn.

Abstract

Sebagai salah satu supplier suku cadang kendaraan untuk perusahan-perusahaan, PT Denco mencoba memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya baik dari segi kualitas maupun sistem pembayaran kredit yang memudahkan mereka. Namun dikarenakan adanya pandemic covid 19, banyak pelanggan terkena imbas langsung yang mengakibatkan pembayaran mereka menjadi terganggu. Sebagai langkah untuk menjaga stabilitas keuangan, maka diperlukan suatu cara untuk menentukan pelanggan-pelanggan yang ada untuk dipertahankan sebagai pelanggan kredit. KNN merupakan salah satu algoritma yang tepat untuk melakukan klasifikasi. Oleh sebab itu penulis mencoba mengklasifikasi pelanggan-pelanggan tersebut dan menghasilkan nilai accuracy 84.86% +/-4,26%, serta nilaiĀ  AUC 0,692+/-0,121

References

[1] Aprilia, Dennis, Donny Aji Baskoro, Lia Ambarwati dan I Wayan Simri Wicaksana. 2013. Belajar Data Mining dengan Rapid Miner. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
[2] Divisi Penjualan. 2021. Data Penjualan 2020. PT DECO.
[3] Gorunescu, Florin. 2011. Data mining :concepts, models, and techniques Verlag Berlin Heidelberg : Springer
[4] Haditsah Annur dan Moh. Efendi Lasulika. 2019. Klasifikasi Nasabah Kredit Koperasi Menggunakan Algoritma K-Nearest Negihbor.. ISSN : 2460-4801. Jurnal Informatika Upgris Vol.5, No.2 Desember 2019.
[5] Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi . 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset
[6] Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
[7] Santoso, B. 2007. Data Mining Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis (1 ed.). Yogyakarta : Graha Ilmu
Published
2021-03-15