PEMBUATAN SISTEM CHATBOT MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL

Authors

  • Adam Arif Budiman Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Afri Yudha Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v11i2.157

Keywords:

chatbot, interaktif, informasi, contextual

Abstract

Komunikasi sangat penting bagi dunia usaha, terutama komunikasi yang interaktif. Teknologi Informasi memberikan salah satu solusi dalam berkomunikasi secara online dengan komputer yaitu hadirnya chatbot untuk mendekatkan komunikasi pengguna layanan suatu institusi. Chatbot merupakan bantuan informasi yang menangani permasalahan dalam kecepatan mendapatkan informasi tertentu tanpa harus mencari file didalam database. Chatbot ini dibuat dengan metod contextual berbasis web.

References

1. J. Hutahaean, 2015, Konsep Sistem Informasi, Deepublish, Yogyakarta:
2. Jogiyanto HM, 2005, Analisis dan Desain, Andi, Yogyakarta
3. Navin Sabharwal & Amit Agrawal , 2020, Cognitive Virtual Assistants Using
Google Dialogflow, Apress Media LLC , India
4. Ricardo Santos, Célia Cerdeira , Beatriz Franqueira, 2020, The Ultimate Guide
Chatbot Awesomeness, Altitude Software, America
5. Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku
Satu), Andi, Yogyakarta
6. Svetlana Sannikova, 2018, Chatbot implementation with Microsoft Bot
Framework, Thesis, Metropolia University of Applied Sciences, Finlandia

Downloads

Published

2021-09-15

How to Cite

Budiman, A. A., & Yudha, A. (2021). PEMBUATAN SISTEM CHATBOT MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 11(2), 20–24. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v11i2.157