MONITOR KUALITAS AIR KOLAM BUDI DAYA IKAN LELE BERKONSEP IoT

  • Andi Susilo Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Yusuf Fazeri Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Respati Indonesia
Keywords: media belajar, whatsapp grup, facebook, messenger

Abstract

Pada masa pandemi dan era industri 4.0, sekarang ini semua serba cepat, mudah dan serba online termasuk pembelajaran, pembelajaran sendiri mengarahkan mahasiswa/siswa untuk belajar dari pengalaman mahasiswa belajar ke arah yang lebih baik. Pembelajaran online bisa menggunakan media Website CMS(Content Management System), Zoom hingga Whatsapp Grup dan menggunakan dokumen berupa teks, grafik, spreadsheet dan lainnya.  Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini pemanfaatan media belajar, kolaborasi dari aplikasi Whatsapp dan Facebook sangat perlu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tujuan pemanfaatan dan penggunaan aplikasi ini untuk memudahkan dosen/guru dan mahasiswa/siswa  untuk melakukan pembelajaran diluar kelas, serta mengefisienkan waktu dalam mempelajari salah tools media pembelajaran karena umumnya sudah terbiasa memakai dua aplikasi ini.Manfaat dari pemakaian aplikasi mahasiswa dan dosen dapat melaksanakan segera pembelajaran non-tatap muka tanpa terkendala banyak waktu untuk mempelajari dan mengurangi kesulitan pemakaian aplikasi saat berlangsungnya pembelajaran serta diharapkan berhasilnya target capaian pembelajaran dikelas untuk guru/dosen maupun siswa/mahasiswa..

References

1. Andi Miladiyah, 2017, Pemanfaatan Whatsapp Messenger Info dalam Pemberian Informasi dan Peningkatan Kinerja pada Sub Bagian Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
2. Universitas Hasanuddin Makassar Interprise, 2012, Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp, PT. Alex MediaKomputindo , Jogjakarta
3. Mulyana, D, 2013, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
4. Trisnani, 2017, Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi Media dan Informatika 6 (3).
5. Legaree, B. A, 2014, Using Facebook to Engage Microbiology Students Outside of Class Time, Journal of Microbiology & Biology Education, 15(2). https://doi.org/10.1128/jmbe.v15i2.713
6. Sirivedin, P., Soopunyo, W., Srisuantang, S., & Wongsothorn, A, 2018, Effects of Facebook usage on English learning behavior of Thai English teachers, Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 183–189.
https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.03.007
7. Linur, Mubarak, 2020, Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah, IAIM, Jurnal kajian Pendidikan dan bahasa Arab, SInjai Palangka Raya.
8. Nur Lailatul Fitri, 2019, Pemanfaatan Grup Whatsapp Sebagai Media Informasi Proses Belajar Anak Di Kb Permata Bunda, Iaim, Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, Tuban.
Published
2021-09-15