RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN METODE ASSOCIATION RULE PADA TOKO RAMARIUM AQUATIC
DOI:
https://doi.org/10.70746/jstunsada.v8i1.16Keywords:
Association Rule, Algoritma Apriori, Data Mining, E-CommerceAbstract
Toko Ramarium Aquatic baru saja mengembangkan sistem informasi penjualan berbasis web. Ramarium Aquatic masih memiliki potensi untuk lebih mengembangkan sistemnya, salah satunya dengan menambahkan fitur rekomendasi produk berdasarkan pola belanja konsumen dengan melihat data transaksi (nota kontan). Pengolahan data diperlukan untuk mengetahui pola serta struktur suatu data sehingga menghasilkan pengetahuan baru. Tujuan pengembangan website Ramarium Aquatic ini adalah untuk memahami sistem penjualan dan strategi penjualan secara online untuk meningkatkan keuntungan dan kemudahan konsumen dalam melakukan pemilihan produk. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi rekomendasi produk menggunakan metode association rule (algoritma apriori) untuk lebih meningkatkan minat beli konsumen dengan menampilkan rekomendasi produk yang relevan. Pembuatan website ini menggunakan MySQL sebagai Database Management System (DBMS) dan PHP sebagai bahasa pemrogramannya, serta alur data menggunakan UML
References
Kusrini, & Luthfi, Emha Taufiq, 2009, Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sandi Fajar Rodiyansyah, 2015, Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan, Infotech Journal.
Susanto, Azhar, 2013, Sistem Informasi Akuntansi. Bandung, Lingga Jaya.
Sutabri, Tata, 2012, Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi.
Vivekananth, P, 2012, Different Data Mining Algorithms: A Performance Analysis. International Journal of Emerging Trends and Technology in Computer,Vol. 1, 79-84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright