RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIJI KOPI PADA “MONSTER COFFEE CAFÉ” BERBASIS WEB DENGAN METODE IMAGE PROCESSING DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Bagus Tri Mahardika Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Muftirandy Prayitno Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: Biji Kopi, Simple Additive Weighting (SAW), Image Processing, Mutu Biji Kopi, Kualitas Cacat Biji Kopi, Processing Image

Abstract

Pada saat ini tren kopi berkembang sangat pesat, dapat dilihat banyak sekali café atau gerai dengan pelayanan penyedia minuman kopi. Namun masih banyak gerai yang belum mengetahui tentang kualitas kopi yang digunakan bagus atau tidak. Pada saat ini masih sedikit yang melakukan penelitian tentang bagaimana menghitung atau menilai mutu biji kopi yang digunakan baik untuk diolah atau tidak. Serta penilaiannya yang masih secara manual, hal tersebut akan membutuhkan banyak waktu yang lama untuk sampai pada semua biji kopi. Maka perlu nya penelitian tentang penilaian untuk menjamin mutu kopi yang digunakan café atau gerai penyedia minuman kopi. Jenis kopi yang digunakan adalah arabika dengan berbagai kelompok atau jenis yang dimiliki oleh arabika. Maka perlunya sebuah aplikasi yang memudahkan proses penilaian mutu biji kopi yang digunakan. Dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan dikombinasikan dengan Citra Image Processing dapat membantu proses penilaian mutu biji kopi. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk mencari penjumlahan berbobot dengan rating pada sampel biji kopi. Metode ini melibatkan beberapa kriteria yang menunjang syarat baik atau buruk nya mutu kopi. Image Processing yang dilakukan yaitu membantu untuk menentukan jumlah biji yang cacat pada kriteria tertentu. Setelah mengetahui jumlah biji kopi yang cacat, maka yang dihasilkan adalah kelas biji kopi.

References

1. Alatas, Husein, 2013, Responsive Web Design dengan PHP dan Bootstrap, Lokomedia, Yogyakarta
2. Kustiyahningsih, Yeni, 2011, Pemrograman Basis Data Berbasis Web menggunakan PHP dan MySql, Graha Ilmu, Bangkalan
3. Raharjo, Budi, 2012, Modul Pemrograman Web (HTML, PHP, & MYSQL, Informatika Bandung, Bandung
4. Raharjo, Budi, 2015, Belajar Otodidak Mysql, Informatika Bandung, Bandung
5. Sianipar, R.H, 2015, Pemrograman Javascript, Informatika Bandung, Bandung
6. Sianipar, R.H, 2015, PHP dan MYSQL, Informatika Bandung, Bandung
7. Sianipar, R.H, 2016, JQuery, Informatika Bandung, Bandung
8. Nano Firmansyah, Asahar Johar.T, Prasetyo, 2017, Sistem Pakar Identifikasi Pengecekan Kualitas Kopi Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor, Jurnal Rekursif, Vol.5 No.3 November 2017, ISSN 2303-0755 http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/, Universitas Bengkulu.
9. Dicky Nofriyansyah, 2015, Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi, Informatika Bandung, Bandung
10. Farid Sihabudin, Suci Aulia, S.T, M.T., Dadan Nur Ramadan, S.Pd., M.T, 2019, Sistem Pendeteksi Dan Penghitung Objek Berbasis Image Processing, Universitas Telkom, bANDUNG
11. Gayo Cuppers Team, Standart Umum Pengujian Mutu Pada Biji Kopi
12. Sri Setyani, Subeki, Henrica Agustina Grace, 2018, Evaluasi Nilai Cacat Dan Cita Rasa Kopi Arabica Yang Diproduksi Ikm Kopi Di Kabupaten Tanggamus. Universitas Lampung.
Published
2021-09-15