PENINGKATAN PENYERAPAN ENERGI CAHAYA MATAHARI PADA SOLAR CELL DENGAN SOLAR TRACKER

  • Musrifun Musrifun Program Studi Teknik Elektro Universitas Darma Persada
  • Yendi Esye Program Studi Teknik Elektro Universitas Darma Persada
Keywords: Solar cell, solar tracker, penyerapan, energy, gerak semu tahunan matahari

Abstract

Tujuan dibuatnya sistem solar tracker ini adalah agar dapat meningkatakan penyerapan energy cahaya matahari secara menyeluruh oleh solar cell. Sistem ini terdiri dari beberapaka komponen penting seperti mikrokontroller arduino uno, Motor Stepper, driver, Rtc Ds 1307 dan komponen-komponen penting lainya. Solar tracker ini akan menggerakan panel solar cell mengikuti gerak matahari sesuai dengan teori revolusi bumi terhadap matahari dan rotasi bumi.panel solar cell yang digunakan berkapasitas 50 Wp. Pengujian selam 5 hari dengan membandingkan ouput solar cell sistem tracker dengan solar cell sistem statis dengan sudut 23.5º terhadap bumi kearah utara. hasil dari pengujian hari ke-1 menunjukan kenaikan energy yang dihasilkan sebesar 41%, hasil dari pengujian hari ke-2 menunjukan kenaikan energy yang dihasilkan sebesar 10 %, hasil dari pengujian hari ke-3 menunjukan kenaikan energy yang dihasilkan sebesar 11 %, hasil dari pengujian hari ke-4 menunjukan kenaikan energy yang dihasilkan sebesar 9,7 %, hasil dari pengujian hari ke-5 menunjukan kenaikan energi yang dihasilkan sebesar 36,6 %. Efisiensi rata-rata solar cell adalah 6.3%. Ini menunjukan penggunaan solar tracker dapat meningkatkan penyerapan cahaya matahari pada solar cell.

References

1. Bagus Ramadhani, 2018, Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dos and Don’ts, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH, Direktorat Jenderal Energi Baru,Terbarukan dan Konservasi Energi (DJ EBTKE), Jakarta.
2. Kadir Abdul, 2006, From Zero To A Pro, -Ed.II, ANDI, Yogyakarta
3. Pitowarno, Endra, Robotika: Desain, control, dan Kecerdasan Buatan,-Ed. I, Yogyakarta.
4. Sulasno & Prayitno, Thomas Agus, 2006, Teknik Sitem Kontrol, Graha Ilmu, Yogyakarta.
5. Ahmad Zulfikar Zein, Asep Rahman, 2009, Mengenal Alam, Pusat perbukuam, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
6. Iswandi Hasyim Rosma, Ichsan Maulana Putra, 2018, Perancangan dan Analisis Sistem Single Axis Sun Tracker untuk Meningkatkan Daya Output Solar Photovoltaic, Jom FTEKNIK Volume 5 Edisi 1 januari s/d juni.
7. Noer Soedjarwanto, 2015, Sistem Pelacak Energy Surya Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATmega8535, Jurnal ELTEK.vol 13 nomor 1.
8. Roni Syarifudin, Wildian, 2015, Rancang Bangun Solar Tracker Berbasis Mikrokontroller Atmega8535 dengan Sensor Ldr dan Penampilan LCD, Jurnal Fisika Unad.vol 4 No2.
Published
2022-03-15