RANCANG BANGUN MESIN PENYEDOT GABAH KERING KAPASITAS 20 KG DILENGKAPI SENSOR KAPASITAS UNTUK PROSES PENGEPAKAN

  • Trisna Ardi Wiradinata Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Didik Sugiyanto Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Ronaldo Ronaldo Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
Keywords: Gabah, Blower sentrifugal, Penyedot

Abstract

Teknolgi yang semakin berkembang dengan pesat memaksakan pengembangan terhadap segala produk termasuk diantaranya alat untuk mempermudah pengolahan proses pengepakan gabah. Biasanya para petani mengumpulkan gabah secara manual kedalam karung. Proses manual memerlukan banyak tenaga manusia. Melihat permasalahan tersebut, perlu dibuat mesin penyedot gabah yang dapat membantu proses pengepakan gabah kedalam karung. Metode perancangan mesin penyedot gabah menggunakan blower sentrifugal, baterai sebagai sumber daya, inverter sebagai penyalur tenaga dari baterai, motor, serta sistem mikrokontroler yang berfungsi ketika berat 20 kg mesin otomatis mati sendiri. Selanjutnya proses pembuatan komponen-komponen mesin, kemudian perakitan, dan proses pengujian alat untuk mengetahui mesin berjalan dengan baik atau tidak. Tujuan pembuatan mesin penyedot gabah yang dilengkapi dengan sensor kapasitas ini adalah untuk mempermudah para petani memasukkan gabah kedalam karung. Mekanisme kerja dari alat ini yaitu daya baterai 100ah dilengkapi dengan inveter sebagai penyalur daya guna menghidupkan motor berkekuatan 0,75 kW untuk menggerakan kipas didalam blower yang berfungsi untuk menghisap dan membuang gabah kedalam tempat penampungan, diameter input dan ouput dari blower adalah 4mm. Hasil uji coba yang paling baik menggunakan putaran 1700 rpm

References

1. Awali jatmoki, 2013, Analisa Kegagalan Poros Dengan Pendekatan Metode Elemen
Hingga, Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung.
2. Church, Zulkifli H, 1993, Pompa Dan Blower Sentrifugal, cetakan ke 3, Erlangga, Jakarta.
3. Dietzel F, 1992, Turbin, Pompa dan Kompresor, Penerbit Erlangga, Jakarta.
4. Ferdinand B, Johnsonjr, Russel, 1987, Mechanics of Material, Mc. Graw - Hill Ltd, Singapore.
5. Sularso Kiyokatsu Suga, 2004, Dasar Perencanaan dan Pemeliharaan Elemen Mesin, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
6. Sularso Suga, Kiyokatsu, 2014, Dasar Perencanaan dan Pemelihaaan Elemen Mesin, Cetakan VIII, PT. Paradnya Takeshi, Jakarta.
7. Sularso, Tahara H, 1991, Pompa dan Kompresor, Pradnya Paramita, Jakarta.
8. Supriyono H, Ariwibowo S, Al Irsyadi, Fatah Y, 2015, Rancang Bangun Pengering Panili Otomatis Berbasis Mikrokontroler, Jakarta.
9. Sularso, Tahara H, 1991, Pompa dan Kompresor, Pradnya Paramita, Jakarta.
10. Yadi Y, Zainal A, Sigit S, 2011, Rancang Bangun Blower Sentrifugal untuk Pensirkulasi Udara, Seminar Nasional Teknologi Sdm Nuklir VII Yogyakarta.
Published
2022-03-15