STUDI PERBANDINGAN MATERIAL HANDLING ANTARA TOWING DENGAN AUTOMATED GUIDED VEHICLE (AGV) DENGAN METODE SISTEM PRODUKSI TOYOTA DI PT X

  • Alfian Destha Joanda Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
  • Ario Kurnianto Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
  • Riska Anzani Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi AGV sebagai penanganan material handling di lantai produksi. Pada mulanya proses material handling dilakukan secara manual dengan menggunakan operator yang mengendarai towing lalu diganti dengan menggunakan AGV. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Sistem Produksi Toyota dengan diagram Yama zumi (Loading Chart) untuk mengetahui perbaikan antara sebelum dan sesudah menerapkan sistem AGV sebagai material handling di lantai produksi. Berdasarkan hasil penelitian setelah penerapan AGV jarak tempuh menurun yang sebelumnya 320 meter menjadi 200 meter, Output per hari meningkat yang sebelumnya 1800 pcs menjadi 3600 pcs, Jumlah putaran selama satu shift meningkat yang sebelumnya 16 putaran menjadi 32 putaran dan Jumlah manpower menurun yang sebelumnya enam manpower menjadi tiga manpower.

References

1. Fernando, R, 2008, Analisis Efisiensi Proses Dan Tenaga Kerja Di Lini Quality Gate Pada PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, jakarta: Tesis Universitas
Indonesia Fakultas Ekonomi Program Studi Magister Manajemen Kekhususan Manajemen Keuangan Jakarta.
2. Groover, M. P, 2008, Automation, Production Systems, and Computer Integrated Manufacturing, England: Pearson.
3. Herwanto, D A. E, 2016, Perancangan Alat Bantu Untuk Mengatur Cycle Supply Part Ke Lini Produksi Di PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Jurnal Ilmu
Dan Aplikasi Teknik.
4. J.A. Tomkins, J. W, 1996, Facilities Planning, 2nd Edition, New York: John Wiley &Son Inc.
5. Liker, J. K, 2006, The Toyota Way 14 Prinsip Manajemen Dari Perusahaan Manufaktur Terhebat Di Dunia, Penerbit Erlangga.
6. Monden, Y, 1995, Sistem Produksi Toyota Suatu ancangan terpadu untuk penerapan Just-In-Time, Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
7. Muhammad, A. H, 2018, Peningkatan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Line Balancing Dan Pendekatan Sistem Produksi Toyota Pada Proses Produksi Flywheel 3 PT. Inti Ganda Perdana, Yogyakarta.
8. Nandiroh, S, 2014, Analisis Produktivitas Kerja Menggunakan Tabel Standar Kerja (TSK) dan Loading Chart Pada Proses Produksi, Seminar Nasional IDEC.
9. Rifai, M. (2018). Analisis Rotor Cutting Miring Type LE 40 Diameter 120 Di PT. TD Automotive Compressor Indonesia, Semarang.
10. Susinto, A. C, 2017, Perhitungan Kelayakan Investasi Special Purpose Machine Pada Pengerjaan Produk Pipe Di PT DPM, Jakarta.
Published
2022-03-15