IMPLEMENTASI MANAGEMENT AKSES USER UNTUK ROUTER CISCO MENGGUNAKAN METODE AAA (AUTHENTICATION, AUTHORIZATION, ACCOUNTING) Studi Kasus PT. PROXIS SAHABAT INDONESIA

  • Suzuki Syofian Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada
  • Richard Indra Setya S Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada
Keywords: Router, Auntentication, Authorization, Accounting

Abstract

Kegagalan sistem pada jaringan disebabkan lemahnya sistem keamanan pada jaringan tersebut. Sistem keamanan diperlukan dalam sebuah sistem untuk menjaga gangguan dari bentuk pencurian dan pengrusakan data. Sistem keamanan ini dapat berbentuk perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem keamanan yang sudah ada dan dijual dipasaran sangatlah mahal. Untuk itu perlu dilakukan kajian untuk membuat sistem keamanan yang handal dengan biaya yang terjangkau. Sistem keamanan pada perangkat lunak dapat dilakukan dengan mengkonfigurasi pada aplikasi yang disediakan. Penerapan metode AAA (Auntentication, Authorization, Accounting) dengan pemanfaatan router dan servernya untuk pengelolaan user dapat dilakukan.  Diharapakan dengan implementasi metode AAA ini sistem keamanan pada jaringan dapat lebih terjamin dengan biaya yang terjangkau.

References

M. T. Kurniawan, R. T. Prabowo, Analisis Dan Desain Keamanan Jaringan Komputer Dengan Metode Network Development Life Cycle (Studi Kasus: Universitas Telkom)
Suryansyah, 2011, Sistem Pengamanan Jaringan Wireless LAN berbasis Protokol 802.1X dan Sertifikat. Penerbit Andi
Thomas, Tom 2004, Network Security First-Step, Tim Penerjamah ANDI – Ed.I. – Yogyakarta: ANDI
https://www.cisco.com/c/en/us/td/docs/security/asa/asa97/asdm77/general/asdm-77-general-config/admin-management.html (Diakses pada tanggal 12 Juni 2019)
https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/11301/2/T1_672010183_Full%20text.pdf (Di akses pada tanggal 20 mei 2019)
https://www.cisco.com/c/en/us/about/press/internet-protocol-journal/back-issues/table-contents-35/101-aaa-part1.html
Irvan, 2017, Network Development Life Cycle (NDLC), https://pojokteknologi.com/id/2017/02/10/network-development-life-cycle-ndlc/
Published
2018-03-15