Rancang Bangun Sistem Informasi Home Service Pada Bengkel Motor XYZ  Menggunakan Metode  First In First Out (FIFO)

Authors

  • Endang Ayu Susilawati Universitas Darma Persada
  • Rahmat Shobirin

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v13i1.218

Keywords:

home service, FiFO, service.

Abstract

Bengkel motor XYZ terletak di kota Bekasi,melayani perbaikan kategori besar,sedang dan kecil yang saat ini pelanggan datang langsung ke bengkel sehingga menyebabkan pelanggan dengan kategori perbaikan kecil dan sedang menjadi lebih lama mengantri apabila urutan sebelumnya merupakan perbaikan dengan  kategori besar. Solusi yang dibuat adalah dengan menggunakan sistem informasi home service yaitu aplikasi yang dirancang bagi pelanggan berbasis web untuk menggunakan jasa bengkel xyz untuk kategori perbaikan kecil dan sedang sehingga pelanggan dapat dilayani di rumah oleh bengkel xyz dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu pada aplikasi. Penggunaan aplikasi ini membantu pelanggan dalam menghemat waktu untuk mendapatkan pelayanan kategori perbaikan kecil dan sedang dan meningkatkan pendapatan bengkel xyz karena jangkauan pelanggan diperluas bukan hanya sekitar area lokasi bengkel saja. Aplikasi Metode antrian First In First Out mengimplementasikan fase Single-Channel-Single. Pada aplikasi ini pelanggan melakukan reservasi antrian home service pada halaman pemesanan, setelah data terkirim, sistem akan melakukan proses verifikasi. Sistem kemudian akan menampilkan halaman bukti pesanan untuk dicetak oleh konsumen sebagai bukti telah melakukan pemesanan dan sistem akan mengatur teknisi yang ditugaskan.

Kata kunci : home service, FiFO, pelayanan.

XYZ motorcycle workshop is located in the city of Bekasi, serving large, medium and small category repairs which currently customers come directly to the workshop, causing customers with small and medium repair categories to queue longer if the previous order is a large category repair. The solution made is to use the Home service information system, which is an application designed for web-based customers to use xyz workshop services for small and medium repair categories so that customers can be served at home by xyz workshops by placing an order in advance on the application. The use of this application helps customers in saving time to get small and medium repair category services and increase revenue xyz workshop because the range of customers is expanded not only around the workshop location area only. Application of First In First Out Queuing method that applies Single Channel-Single Phase. In this application, customers make reservations for home service queues on the order page, after the data is sent, it will then be processed by the system for verification. After that the system will display a proof of booking page for consumers to print as proof that they have made a reservation and the system will organize the assigned technician.

 Keywords: home service, FiFO, service.

References

1. Erwanto, A.P. (2020). Pengaruh Customer Promotion dan Delivery Service terhadap Return Intention di McDonald's Gresik Kota Baru (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Gresik).
2. HM, Jogiyanto. 2010. Fitur Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi.
3. Harsono, S.D., & Taufiq, M. (2019). SI servis jasa repair online pada bengkel HJ Motor. Terbitan Journal Informatika dan Computer, 9(1), 1-18.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Ayu Susilawati, E., & Shobirin, R. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Home Service Pada Bengkel Motor XYZ  Menggunakan Metode  First In First Out (FIFO). Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 13(1), 67–73. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v13i1.218