ANALISA PENGHEMATAN ENERGI PADA KAPAL PENUMPANG-BARANG (CARGO – PASSENGER) 850 DWT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERUBAHAN RATING PADA GENERATOR
DOI:
https://doi.org/10.70746/jstunsada.v12i2.250Keywords:
Kapal, Efisiensi Energi, Rating GeneratorAbstract
Kapal adalah Kendaraan pengangkut Penumpang di laut pada semua daerah yang mempunyai perairan tertentu. Saat ini kebutuhan bahan bakar untuk operasional kapal sangat tinggi sekitar 45% - 67% dari total biaya operasional perusahaan. Hal ini menyebabkan biaya kebutuhan untuk konsumsi bahan bakar menjadi tinggi.Saat ini sudah banyak perusahaan pelayaran, dan pelabuhan yang membuat metode untuk melakukan penghematan energi, tapi belum ada metode yang jelas untuk menganalisa potensi penghematan energi di Kapal.Oleh Sebab itu saat ini Perusahaan Pelayaran mendesak agar dibuatkan Metode yang tepat untuk melakukan Potensi Penghematan Energi di Kapal. Pada Penelitian kali ini akan membahas mengenai Potensi penghematan energi pada kapal Khususnya Kapal Cargo Passenger 850 DWT dengan menggunakan metode perubahan rating pada generator. Dari segi kelistrikan kapal ini menghasilkan daya yang cukup besar sehingga mengakibatkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk konsumsi bahan bakar, oleh sebab itu kebutuhan kelistrikan pada Kapal – Kapal diatas akan di klasifikasikan menjadi 4 Keadaan : Keadaan Kapal Saat Berlayar, Keadaan Kapal Saat Keluar Masuk Pelabuhan,Keadaan Kapal saat Bongkar Muat, dan Keadaan Kapal saat sedang Berlabuh.Setelah dilakukan Analisa Potensi Penghematan Energi pada Kapal dapat diketahui Efisiensi Energi saat Kapal sedang berlayar adalah 14,64%, Saat sedang Keluar Masuk Pelabuhan 23,53%, Saat Sedang Bongkar Muat 22,14%, dan Saat Sedang Berlabuh adalah 22,28%.
References
2. W. Haribowo, E. S. Hadi, F. Teknik, and U. Diponegoro, Analisa Hambatan Pada Variasi Bentuk Lambung Kapal Ikan Tradisional Catamaran dengan Metode CFD, vol. 4, no. 1, pp. 64–73.
3. Gaguk Suhardjito, 2016, Tentang Rencana Umum Kapal.
4. P. J. Ballou, 2013, Ship Energy Efficiency Management Requires A Total Solution Approach, Mar. Technol. Soc. J., vol. 47, no. 1, pp. 83–95
5. H. Johnson and K. Andersson, 2016, Barriers To Energy Efficiency in Shipping, WMU J. Marit. Aff., vol. 15, no. 1, pp. 79–96
6. Ramy El Geneidy, 2016, Increasing Energy Efficiency in Passenger Ships by Novel Energy Conservation Measures .Journal of Marine Engineering and Technology, ISSN:2046-4177
7. C. Faitar and I. Novac, 2017, Basic Aspects And Contributions to The Optimization Of Energy Systems Exploitation Of A Super Tanker Ship, IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 227, no. 1
8. C. Spandonidis, N. Themelis, G. Christopoulos, and C. Giordamlis, 2018, Evaluation of Ship Energy Efficiency Predictive and Optimization Models Based on Noon Reports and Condition Monitoring Datasets Evaluation of Ship Energy Efficiency Predictive and Optimization Models Based on Noon Reports and Condition Monitoring Datasets, DATA Anal. 2018, Seventh Int. Conf. Data Anal. Athens, Greece, no. November, pp. 103–108
9. C. L. Su, M. C. Lin, and C. H. Liao, 2013, A Method For Evaluating Energy Efficiency to Justify Power Factor Correction in Ship Power Systems,” IEEE Trans. Ind. Appl., vol. 49, no. 6, pp. 2773–2782
10. Z. Bazari, 2007, Ship Energy Performance Benchmarking/Rating: Methodology And Application, Proc. Inst. Mar. Eng. Sci. Technol. Part A J. Mar. Eng. Technol., vol. 4177, no. 9, pp. 11–18
11. Y. Sharifi, H. Ghassemi, and H. Zanganeh, 2017, Various Innovative Technologic Devices in Shipping Energy Saving and Diminish Fuel Consumption, Int. J. Phys., vol. 5, no. 1, pp. 21–29
12. T. Smith, 2012, Technical energy efficiency, its interaction with optimal operating speeds and the implications for the management of shippings carbon emissions, Carbon Manag., vol. 3, no. 6, pp. 589–600
13. Michele Achiaro, Energy Management In Seaports : A New Role For Ports Authorities.The kuhne logistic University, grofser grassbrook 17, Hamburg, Germany.
14. Sepideh Jafarzadeh, 2014, A Frame Work to Bridge the energy efficiency gap in shipping, Departement of Marine Technology, Norwegian University of Science and Technology (NTNU), No 7491
15. BKI Rules 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright