RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD PADA MAK UNGGULAN INFORMATIKA JAKARTA

Authors

  • Eka Yuni Astuty Program Studi Sistem Informasi Universitas Darma Persada
  • Salman Al Farisyi Program Studi Sistem Informasi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v12i2.254

Keywords:

sistem, informasi, pengawasan, pembelajaran, CPM

Abstract

Model pembelajaran berbasis project-based learning (PBL) menekankan kepada pembelajaran yang memberdayakan siswa di dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran kolaboratif, dan penilaian pembelajaran berdasarkan pekerjaan proyek siswa sehingga hal ini membantu meningkatkan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran.

Permasalahan yang dihadapi pada model pembelajaran PBL ini adalah pada tahapan pengawasan pembelajaran  masih menggunakan Microsoft Excel sehingga proses pendataan kemajuan proyek belum terintegrasi dan belum adanya basis data untuk menyimpan data proyek penting dan proses pelaporan proyek.

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sistem informasi untuk memantau proses model pembelajaran PBL yang memungkinkan melakukan perekaman proses pemantauan dan pelaporan kemajuan proyek dalam satu sistem sehingga membuat proyek menjadi transparan bagi semua pengguna yang terlibat.

Critical Path Method (CPM) diterapkan untuk memaksimalkan proses perencanaan, pemantauan, dan pemecahan tugas proyek. CPM pada dasarnya adalah metode yang sensitif terhadap waktu, artinya CPM diakhiri dengan waktu.

Berdasarkan penelitian ini dibuat suatu sistem informasi pengawasan pembelajaran PBL untuk memudahkan pelaksanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan metode CPM dan memantau semua proses di sistem tersebut dengan waktu sebenarnya  pada MAK unggulan Informatika Jakarta.

References

Chatwattana, P., & Nilsook, P, 2017, A Web - based Learning System using Project-based Learning and Imagineering. iJET, 12(5), 4-22.

Educational Technology Division Ministry of Education, 2006,. Project Based Learning Handbook "Educating The Millenial Learner". Kuala Lumpur: Pesiaran Bukit Kiara.

Fernandes, S. R, 2014, Preparing Graduates For Professional Practice: Findings From a Case Study af Project-Based Learning (PBL). Social and Behavioral Sciences 139, 219-226.

Kose, U, 2010, A Web Based System for Project-Based Larning Activities in "Web Design And Programming" Course. Procedia Soscial and Behavioral Sciences 2, 1174-1184. I. Sommerville, 2011, Software Enggineering, 9th ed. Addison-Wesley

Marimin, Tanjung H, Prabowo H, 2006, Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

PMI. A Guide to the Project Management Body of Knowledge, 5th ed, 2013, Project Management Institute

Setiyaningsih, Wiji, 2015, Konsep Sistem Pendukung Keputusan, Yayasan Edelweis, Malang

Thomas, J. W, 2000, A Review of Research on Project-Based Learning. 94903(415).

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Astuty, E. Y., & Al Farisyi, S. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD PADA MAK UNGGULAN INFORMATIKA JAKARTA. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 12(2), 89–103. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v12i2.254