PENERAPAN METODE CONJOIN ANALYSIS DALAM MENILAI ATRIBUT KEPUASAN KONSUMEN PRODUK SENDAL CARVIL
DOI:
https://doi.org/10.70746/jstunsada.v6i2.281Keywords:
Prefernsi konsumen, Atribut Produk, Conjoint AnalysisAbstract
Jumlah perusahaan retail sandal/sepatu di Indonesia dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Berbagai merek/brand sandal juga seiring dengan bertambah waktu juga selalu bermunculan. Hampir disetiap kota terutama dikota-kota besar berbagai merek yang banyak dijumpai Ando, Bata, Eager< Homiped, New Era, Ardileas, Crocs dan lain sebagainya. Dari berbagai merek tersebut maka untuk mengetahui bagaimana harapan konsumen terhadap atribut produk Carvil khususnya produk sandal jepit yang didasarkan pada 8 atribut dimensi kualitas . Penelitian ini dilakukan pada didaerah Bekasi yaitu pada Outlet Carvil Rawa Kalong dan Wisma Asri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Conjoin Analysis dan penyebaran kuesioner kepada 75 responden. Prefrensi konsumen terhadap atribut produk sandal jepit Carvil yang paling berpengaruh menarik perhatian konsumen adalah atribut Performance (kinerja Produk) yaitu sebesar 18,474 %. Produk yang performance nya bagus dapat membuayt konsumen merasa nyaman. Pada konsumen wanita, atribut yang lebih tertarik adalah Arsthetic, karena warna sandal yang menjadi prioritas utama dalam menyesiuuaikan penampilan. Untuk konsumen pria yang membuat tertarik konsumennya adalah atribut Performance, karena pemilihan werna , yaitu warna gelap seperti coklat dan hitam yang menjadi pilihan. Kombinasi terbaik adalah dari factor kinwerja sandal yang nyaman dipakai dengan desain sandal datar, dimana reliability , jahitan sandal yang rapih. Confromance nya adalah size sandal sesuai standar. Durability , yaitu sandal yang awet hingga 1 – 3 tahun, sedang dari factor Serviceability adalah dilayani dengan ramah. Dari factor Aesthetic yaitu desain warna gelap dan Perceived Quality adalah dengan merek sandal yang sudah bagus kualitasnya.
References
2. Indrawan, Analisis Preferensi Konsumen Untuk Pengembangan Durable Produk Di Indonesia (Studi Kasus Notebook), depok : Universitas Indonesia, 2012
3. Supranto.J, Analisis Multivariat Arti &Interpretasi, Jakarta, PT.Rineka Cipta, 2004
4. Yudhistira, Daniel, Analisis Preferensi konsumen Untuk Pengembangan Iklan Telivisi Produk Baru Dengan Metode Conjoint Analysis. Depok. Universitas Indonesia, 2012
5. Kuhfeld WF,2000, Conjoint Analysis Examles,SAS Institut,Inc.http://www.sawtooth software.com.Diakses tanggal 23 April 2017
6. Erlina, 2016, Pengertian Atribut Produk, Termuat di http://www.ilmu ekonomi-id.com/2016/11/pengertian –atribut-produk-unsur-unsur-dan contohnya.html.Diakses tanggal 23 April 2017
7. Mechinenasa,2011,Proses Perancangan Produk, Termuat di http://mechinnenasa.blogspot.co.id/2011/05/proses-perancangan-produk,html..Diakses tanggal 13Agustus 2017
8. Purba,Hadi.2008.Dimensi Kualitas Produk David Garvin.Termuat di http://hardipurba.com/index.php/2008/10/30/delapan-dimensi-kualitas-david-garvin.Diakses tanggal 11 Agustus 2017
9. Wikipedia.2016. Sandal. Termuat di: http://id.wikipedia.org/wiki/Sandal.diakses 23 April 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright