PENGEMBANGAN PRODUK GANTUNGAN KUNCI DENGAN METODE TRIZ UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK

Authors

  • Fresty Senti Siahaan Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
  • Jamaluddin Purba Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v5i2.303

Keywords:

Triz, kekuatan bahan, cairan anti rayap

Abstract

Pengembangan produk gantungan kunci dengan metode Triz  merupakan suatu cara perbaikan dalam meningkatkan kualiatas baik pada perubahan bentuk, kekuatan bahan, posisi dan warna  yang menarikTujuan penelitian didasarkan atas masalah penentuan jenis produk unngulan yang diminati  konsumen yang selanjutnya menetukan pengembangan rancangan produk dengan metode Triz. Dari hasil penulisan penelitian menunjukkan hasil jenis produk unggulan dan pengembangan desain produk menjadi lebih menarik dengan merubah bentuk Produk yaitu panjangnya 12 cm menjadi 10 cm, dan lebar 5 cm menjadi 7 cm serta ketebalan dari 1 cm menjadi 1,5 cm. Penambahan berbagai macam warna, dan merubah objek dasar    tulisan dengan desain varias serta  Meningkatkan daya tahan produk dengan menambahkan cairan anti rayap.

References

1. Genrich Atshuller, The Innovation algorithm Triz, Systematic Innovation and Technical Creativity, Technical Innovation Center, inc. Worcester, MA, 1990
2. Karl T. Ulrich, Steven D. Eppinger, Perancangan dan pengembangan produk, Salemba Empat, Jakarta.
3. Inovasi Nilai Pelanggan dalam Perencanaan dan Pengembangan Produk.
4. Ginting, Rosnani , Perancangan Produk, Graha Ilmu, Jakarta
5. http://rajapresentasi.com/2009/12/inovasi-dan-pengembangan-produk-baru/
6. http://lestachi.blogspot.co.id/2013/04/perencanaan-dan-perancangan-produk.html

Downloads

Published

2015-09-15

How to Cite

Siahaan, F. S., & Purba, J. (2015). PENGEMBANGAN PRODUK GANTUNGAN KUNCI DENGAN METODE TRIZ UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 5(2), 47–51. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v5i2.303