RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MODUL PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER INTERAKTIF

Authors

  • Timor Setiyaningsih Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada

Keywords:

aplikasi mobile

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, mulai dari teknologi komputer  PC, tablet sampai teknologi smartphone. Tingginya mobilitas manusia menjadikan teknologi harus beradaptasi dengan kebutuhan manusia tersebut. Kemajuan teknologi telah merambah seluruh aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali dunia pendidikan. Kemajuan teknologi mempunyai peran penting dalam berkembangnya dunia pendidikan khususnya dalam media pembelajaran. Media pembelajaran yang ada sekarang tersedia dalam beberapa bentuk diantaranya dalam bentuk buku dan e-learning. Buku memiliki keterbatasan karena hanya dapat menampilkan informasi berupa teks dan gambar, mudah rusak terkena air atau robek, serta membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Matakuliah jaringan komputer merupakan matakuliah wajib untuk program studi teknik informatika. Selama ini Mahasiswa Program studi teknik informatika Universitas Darma Persada terutama yang mengambil mata kuliah jaringan komputer mengalami kesulitan dalam hal mempelajari materi-materi tentang mata kuliah jaringan komputer saat tidak berada didepan komputer. Aplikasi dalam bentuk mobile merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

                         

References

1. A.S.Rosa dan M. Shalahuddin, 2011, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Tersruktur Dan Berorientasi Objek)”, Bandung : Modula.
2. Friesen, Jeff ,2010 , “Learn Java for Android Development” : APRESS.
3. Hakim, Lukmanul, 2010, Bikin Website Super Keren dengan PHP & jQuery, Yogyakarta : Lokomedia.
4. Herlawati, Prabowo Pudjo Widodo, 2011, Menggunakan UML, Bandung : Informatika.
5. Kadir, Abdul dan Terra CH. Triwahyuni, 2003, Pengenalan Teknologi Informasi, Yogyakarta : Andi.
6. Kadir, Abdul. 2002. Dasar Pemrograman Java 2. Yogyakarta: Andi Publisher.
7. Kustiyaningsih, Yeni dan Devie Rosa Anamisa, 2011, “Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL”, Yogyakarta : Graha Ilmu.
8. Munawar, 2010, “Pemodelan Visual dengan UML edisi pertama”, Jakarta : Graha Ilmu dan UIEIU Press.
9. Rianto, Anjik Sukmaji, 2008, Jaringan Komputer, Konsep Dasar Pengembangan Jaringan dan Keamanan Jaringan, Yogyakarta : Andi.
10. Safaat, H.Nazruddin, 2012, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android”, Bandung : Informatika.
11. Sidik, Betha, 2005, Mysql, Bandung : Informatika.
12. WAHANA KOMPUTER, 2010, “Pengembangan aplikasi database berbasis JavaDB dengan Netbeans”
13. Web, Chris,2009 “Professional Android Application Development”, Wiley Publishing Inc.

Downloads

Published

2014-09-15

How to Cite

Setiyaningsih, T. (2014). RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE UNTUK MODUL PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER INTERAKTIF. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 4(2), 1–8. Retrieved from https://unsada.e-journal.id/jst/article/view/313