IMPLEMENTASI IMAGE PROCESSING PADA PROSES PENGISIAN AIR TEH

Authors

  • Prasetyo Adi Nugroho Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada

Keywords:

Image Processing, mikrokontroller AT89S51, Port serial (RS 232)

Abstract

Implementasi Image processing sudah banyak ragamnya, misalnya absensi sidik jari, robot vision, pemantauan cuaca berdasarkan warna dan lain-lain. Dalam tulisan ini akan dijelaskan salah satu implementasi Image Processing pada proses pengisian air teh ke dalam botol. Input yang dimasukkan berupa citra real time (video) dalam format 24 bit ukuran 320 x 240 piksel. Citra kemudian diperkecil ukurannya menjadi 160 x 120 piksel dengan tujuan untuk mempercepat proses Image Processing dan kemudian diubah menjadi citra grayscale (8 bit). Citra kemudian di filter dengan filter median untuk mereduksi noise dan dibuat menjadi citra biner. Deteksi tepi selanjutnya  dikenakan pada citra dan hasil pendeteksian tepi digunakan untuk memberikan perintah kepada mikrokontroller AT89S51 melalui port serial (RS 232). Selanjutnya mikrokontroller akan mengontrol kerja dari motor pengisi air teh.

References

[1] Ahmad, Balza, Ir, M.Sc.E, Firdausy,Kartika, ST., M.T, 2014, “Teknik Pengolahan Citra Digital Menggunakan Delphi”, Yogyakarta, Ardi Publishing.
[2] Ahmad, Usman, 2005, “Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemrogramannya”, Yogyakarta, Graha Ilmu
[3] Susilo, Djoko, 2016, “ Grafika Komputer Dengan Delphi”, Yogyakarta, Graha Ilmu
[4] Munir, Rinaldi, 2004, “Pengolahan Citra Digital dengan pendekatan algoritmik”, Bandung, Penerbit Informatika

Downloads

Published

2014-09-15

How to Cite

Nugroho, P. A. (2014). IMPLEMENTASI IMAGE PROCESSING PADA PROSES PENGISIAN AIR TEH. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 4(2), 19–24. Retrieved from https://unsada.e-journal.id/jst/article/view/315