IMPLEMENTASI MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PAUD NUSA INDAH A)

Authors

  • Aji Setiawan Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Febri Azhari Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v12i2.325

Keywords:

Android, Aplikasi, Augmented Reality, Transportasi, Marker

Abstract

Aplikasi interaktif dapat membantu anak usia dini dalam mengenal jenis-jenis kendaraan dengan tampilan yang lebih nyata dan menarik. Design aplikasi akan menyajikan informasi tentang setiap jenis transportasi yang dibahas. Fitur-fitur seperti Scalling, Rotate, dan Move juga disediakan untuk memungkinkan pengguna melihat tampilan objek dari berbagai sudut dan ukuran, disamping itu aplikasi dilengkapi dengan audio dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk pengucapan nama masing-masing transportasi. Proses pembuatan aplikasi ini dimulai dari pengumpulan data tentang materi yang terkait dari berbagai sumber, kemudian dilakukan perancangan struktur navigasi, use case, storyboard, rancangan tampilan aplikasi dan penggunaan bahasa pemrograman C#. Pengujian dilakukan pada beberapa smartphone berbasis Android dan pengukuran jarak ideal, penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pengenalan transportasi mobile dengan augmented reality sudah sesuai harapan dan dapat digunakan pada lingkungan anak usia dini.

References

1. A. Setiawan, T. Setiyaningsih, and T. Triwibowo, 2018, “Perancangan Mobile Application Berbasis Android untuk Menunjang Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Siswa Paud, Netw. Eng. Res. Oper., vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.21107/nero.v4i1.110.
2. M. A. Widiastika, N. Hendracipta, and A. Syachruroji, 2020, Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.602.
3. D. Kusuma and A. D. Sapto, 2018, Pemanfaatan Mobile Learning Bernuansa Etnomatematika Dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama, Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa
4. I. A. Pamungkas and W. D. Dwiyogo, 2022, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan, Sport Sci. Heal., vol. 2, no. 5, 2022, doi: 10.17977/um062v2i52020p272-278.
5. B. Tujni and F. Syakti, 2019, Implementasi Sistem Usability Scale Dalam Evaluasi Perspektif Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile, Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 3, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i3.479.241-251.
6. R. Azuma, Y. Baillot, R. Behringer, S. Feiner, S. Julier, and B. MacIntyre, 2001, Recent Advances in Augmented Reality, IEEE Comput. Graph. Appl., vol. 21, no. 6, 2001, doi: 10.1109/38.963459.
7. P. Handayani and A. Setiawan, 2019, Perancangan Sistem Informasi Warga Bintara Jaya berbasis Android dengan Waterfall Software Development Life Cycle, J. Inform. J. Pengemb. IT, 2019, doi: 10.30591/jpit.v4i2.1380

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Setiawan, A., & Azhari, F. (2022). IMPLEMENTASI MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PAUD NUSA INDAH A). Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 12(2), 157–166. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v12i2.325