IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK REKOMENDASI KELAYAKAN GEOGRAFIS LOKASI PENGEBORAN MINYAK

  • Herianto Herianto Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Sulthan Alawy Shihab Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: Pengeboran minyak, ANP, ARAS, MCDM

Abstract

Menentukan lokasi pengeboran minyak yang tepat oleh perusahaan tambang minyak, selain dapat mengefisienkan pencarian lokasi pengeboran juga berkaitan dengan keselamatan petugas yang melakukan pengeboran.  Masalah Keselamatan Kerja merupakan faktor dasar dalam membangun tempat kerja yang aman. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat memberi rekomendasi lokasi geografis yang layak dalam melaksanakan pengeboran untuk memperoleh minyak bumi. Analisa yang digunakan adalah ANP (Analytic Network Process) untuk menganalisa alternatif lokasi geografis terbaik berdasarkan sejumlah kriteria. Kemudian digunakan juga ARAS (Additive Ration Assesment) untuk menentukan petugas teknis yang paling layak melakukan pengeboran tersebut berdasarkan data teknis dan pengalaman sebelumnya.  Metoda tersebut termasuk jenis MCDM (Multi Criteria Decision Making) yang merupakan bagian dari Decision Support System (Sistem Pendukung Keputusan). Studi kasus dilakukan pada PT. BINA MITRA ARTHA, aplikasi yang dibangun berbentuk web sehingga jangkauan pengaksesannya lebih luas. Sistem yang dibangun telah diuji per modul program sesuai dengan fungsi yang direncanakan, dan telah bekerja dengan baik yang dapat memberi rekomendasi lokasi geografis yang layak untuk dilakukan pengeboran dan oleh karyawan yang paling sesuai.

References

1. Ambarsari, E. W., Parwatiningtyas, D., & Wiratomo, Y, 2018, Pendekatan ANP Dalam Penanganan Resiko Kebencanaan Daerah Pertambangan Di Wilayah Blitar, Jawa Timur.
2. Fangsuri, D. A, 2020, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Additive Ratio Assessment (Aras)(Studi Kasus Sdn Sentul 02), Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(1), 23-35.
3. Sahputra, G. O., Hasibuan, D., & Larosa, F. G. N, 2018, Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Pegawai Baru Pada Pt. Gunung Serayu Medan Dengan Menggunakan Metode AHP, Majalah Ilmiah METHODA, 8(1), 15-26.
4. Khairil, K, 2021, Penilaian Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi Survei Pada PDAM Kota Bengkulu, Teknosia, 1(1).
5. Wijaya, E., & Tarigan, F. A, 2021, Aplikasi Prediksi Penentuan Kelancaran Pembayaran Koperasi Dengan Algoritma C5. 0, Jurnal TIMES, 10(1), 31-38.
6. S Asmawati, S Kom, dkk, 2022, Sistem Pendukung Keputusan, CV. Media Sains Indonesia
7. Septia Dewi, R, 2021, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Kuliah Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Berbasis Web (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
8. Hartini, S., & Dermawan, J, 2017, Implementasi model waterfall pada pengembangan sistem informasi perhitungan nilai mata pelajaran berbasis web pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening, Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(2), 142-147.
Published
2022-03-15