ANALISIS KUALITAS LAYANAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD DI RUMAH BERSALIN RAHIEM

Authors

  • Atik Kurnianto Jurusan Teknik Industri Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v4i1.347

Keywords:

QFD

Abstract

Langkah-langkah pemakaian metode QFD yaitu dengan terlebih dahulu melakukan pengujian data melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, selanjutnya membuat Matriks Hubungan Karakteristik rumah sakit bersalin terhadap Keinginan Pelanggan, Menguji Tingkat Kepentingan Pelanggan, Menghitung Nilai Posisi Rumah Sakit Bersalin, Menghitung Korelasi rumah sakit bersalin, Menghitung Nilai Target, dan terakhir Membuat House Of Quality. Hasil yang diperoleh QFD melalui House Of Quality nilai target 232 dan prioritas 6 % yang menunjukan hubungan yang sangat kuat pada karalderistik keinginan pelanggan di variabel prosedur penerimaan pasien.

References

1. Gaspersz, Vincent; " Manajemen Kualitas Dalam lndustri Jasa", PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 20A1.
2. Gaspersz Vincent ; "Pedoman lmplementasi Program Six Sigma", PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.
3. Hendradi, Andi; Sfafrstik Six Sigma Dengan MINITAB, Edisi Pertama, CV. ANDI OFFSET, Yogyakarta, 2006.
4. Wijaya, Tony; "Manajemen Kualitas Jasa", Edisike-2, PT.lndeks, Jakarta, 2011.

Downloads

Published

2014-03-15

How to Cite

Kurnianto, A. (2014). ANALISIS KUALITAS LAYANAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD DI RUMAH BERSALIN RAHIEM. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v4i1.347