STRATEGY PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF DAN KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.70746/jstunsada.v4i1.351Keywords:
Strategi pembelajaran, kompetensi, dosen, mahasiswaAbstract
Makalah ini akan meneliti argument-argumen strategi pembelajaran aktif, inovatif dan kreatif untuk pengembangan kompetensi hasil belajar baik aspek kompleksitas kognitif, afeksi/ atau ruhaniyah. Tampaknya strategi pembelajaran aktif satu alternatif yang memungkinkan partisipasi dan keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran yang pada gilirannnya memudahkan terjadinya perubahan dan belum kompeten menjadi kompeten atau dari belum mengerli menjadi mengerti. Strategi pembelajaran sebagai kunci peningkatan jaminan kualitas pembelajaran karena dosen adalah ujung tombak perobahan. Kualitas pengajaran dan pendidikan satu bangsa berada di kualitas proses pembelajaran searang dosen. Strategi pembelajaran yang efektif
dan efisien memungkinkan kualitas kompetensi hasil belajar yang baik akan memungkinkan tingkat kualitas kompetisi yang baik pula. Di pendididkan tinggi, seorang dosen ekspert dalam bidangnya belum tentu ia seorang master dalam pengelolaan proses pembelajaran karena pengelolaan proses pembelajaran adalah safu seni yang andragogis. Kualitas kompetensi pembelajaran dosen tidak pernah terjadi secara kebetulan karena kualitas berakar dari sebuah perencanaan, kerja keras dan komitmen.
References
2. Cafarella, Roser,rary S., (1994), Planning Programs for Adult Learners, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.
3. Cox, Ken dan Chrsitine E. Ewan (Ed.), (1988) The Medical Teacher, Edinburgh: Churchill Livingdtone.
4. Cranton, Patricia, (1995), Planning .lnstruction for Edult Learners, Toronro: Wall & Emerson, lnc.
5. _, (1992), Working With Adult Learners, Toronto: Wall & Emerson, lnc.,
6. Cross, K. Patricia, (1984) Adults as Learners, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.
7. Division of Studies in Medical Education, Teaching Enhancement Workshop Manual, Edmonton: Faculty of Medicine University of Alberta
6. Lovel-Troy,L., & Eickm?h, p., (1992), Course Design for College leacher, New Jersey: Educational Technology Publication.
7. McKeachie, Wilber J, (Ed.), (1994), Teaching lips, Toronto: DC, Hearth and Company.
8. Munthe, Bermawy (2009), Kunci Preaktis Desain Pembelajaran,Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development , Universitas lslam Negeri Sunan Kalijaga.
9. Novak, J., (1977), A Theory of Education, ltacha, New York. Cornell Uni. Press.
10. Piskurich, George M. (1993), Self-Directed Learning, San Francisco: Jossey-Bass Publishers.
11. Ramsden, P., (1992), Leaming To Teach in Higher Education, New York: Routledge.
12. Renner, Peter, (1994) The Art of Teaching Adults, Vancouver; Training Associate
13. Silberman, M., ('1996), Active Learning: 101 Strategies Io Teach Any Subject, Toronto: Allyn Bacon.
14. _, 101 Ways to Make Training Active, San Francisco: ffiffer, 2005.
15. Sutherland, Peter (Ed.X1997), Adult Learning, London: Kogan Page.
16. Toohey, Susan, (1999) Designing Courses for Higher Education, Buckingham; SRHE and Open University Press.
17. VanGundy, Arthur 8., 101 Activities for Teaching Creativity and Problem Solving, San Francisco: Pfiffer, 2005.
18. Weimer Mareyllen, (1996), lmproving Your Classroom - Teaching, California: Sage Publication).
19. Zaini, Hisyam, Dkk. (2003) Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
20. -, ( 2004) Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga Edisi Revisi, Cetakan Kedua).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright