ANALISIS PERBAIKAN SISTEM PENGADAAN SUKU CADANG MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM) PADA PERUSAHAAN PENERBANGAN DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.70746/jstunsada.v3i1.369Keywords:
Sistem Pengadaan Suku Cadang, Value Sream Mapping, LeanAbstract
Citra baik sebuah perusahaan pernerbangan akan tercapai, apabila kondisi pesawat yang dimilikinya selalu dalam kondisi prima, sehingga siap melayani pelanggan tepat waktu, tingkat keselamatan dan kenyamanan yang tinggi. Salah satu faktor untuk menjaga kondisi pesawat yang prima adalah sistem pengadaan suku cadang yang efisien dan efektif. Lean adalah sebuah filosofi yang dikembangkan oleh Toyota Motor Corporation untuk mempercepat lead time dalam mengurangi segala bentuk pemborosan pada setiap proses dan meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan dengan proses mengalir ditarik oleh pelanggan. Value Stream Mapping digunakan untuk mendisain aliran material dan informasi yang diperlukan untuk menghasilkan barang atau jasa dalam lini produksi. VSM juga disebut peta aliran proses informasi yang menangkap semua informasi atau proses yang berlangsung, kemudian memetakannya kedalam model gambar realistis. Langkah-langkah dalam menerapkan VSM, yaitu : indentifikasi produk, pembuatan VSM saat ini, membuat VSM kondisi mendatang, dan mengembangkan perbaikan. Aktivitas kegiatan-kegiatan pada sistem pengadaan suku cadang, yaitu : proses pembuatan Part Request (PR), proses peninjauan PR oleh Stock Controller, proses pembelian oleh Procurement, proses penerimaan oleh Receiving Staff, proses karantina oleh Store Inspector, proses distribusi oleh Store Keeper dan proses pengiriman oleh Cargo Staff. Kondisi VSM saat ini take time internal perusahaan (di luar faktor pengiriman dari vendor) sebesar 12 menit tiap satu siklus untuk setiap proses pengadaan suku cadang, dan rasio nilai tambah pada kondisi normal hanya mencapai 0,16 %. Kondisi VSM masa mendatang dalam kondisi normal rasio nilai tambah mencapai 0,21 %.
References
2. Gaspersz, Vincent., Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2007.
3. Gaspersz, Vincent., Continuous Cost Reduction Throught Lean-Sigma Approach-Strategi Dramatik Reduksi Biaya dan Pemborosan Menggunakan Pendekatan Lean-Sigma, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.
4. George, Michael L., Lean Six Sigma for Service-How to Use Lean Speed & Six Xugma Quality to Imptove Service and Transaction, McGraw-Hill, New York, 2004
5. Monden, Y., Toyota Production System, Edisi kedua, Industrial Engineering and Management Press, 1993.
6. Risyadi, Kiki., Lean Service, IPOM Study Group-Handout, Bogor, 2012
7. Risyadi, Kiki., Lean Manufacturing – VSM (Value Stream Mapping), IPOM Study Group-Handout, Bogor, 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright