RISET PEMASARAN PRODUK-PRODUK PELEMBAB BERDASARKAN METODE ANALISIS FAKTOR DAN KLASTER DI JAKARTA TIMUR

Authors

  • Budi Sumartono Jurusan Teknik Industri Universitas Bhayangkara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v1i2.392

Keywords:

Riset pemasaran, analisis faktor, analisis cluster

Abstract

Pelembap merupakan salah satu produk skin care yang banyak digunakan oleh konsumen, khususnya wanita. Banyaknya polusi udara dan paparan sinar matahari yang terkena pada kulit manusia menyebabkan kulit menjadi tidak lembap dan kulit mudah mengalami tanda-tanda penuaan dini. Pelembap pada umumnya digunakan untuk mengatasi, mencegah kekeringan serta menambah kelembapan pada kulit wajah. Langkah riset pemasaran, dalam hal ini menggunakan metode analisis faktor dan metode analisis cluster. Metode analisis faktor bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang ada. Sedangkan metode analisis cluster bertujuan untuk mengelompokkan produk-produk dengan karakteritik tertentu dalam suatu segmen tertentu. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Terdapat 13 karakteristik yang diinginkan konsumen dalam memilih suatu merek pelembap. Hasil analisis faktor, menunjukkan terdapat 4 faktor, yaitu : Faktor 1 terdiri dari karakteristik wangi pelembap, tidak membuat kulit teriritasi, mudah menyerap di kulit, tidak terasa lengket di kulit, tidak terasa berminyak di kulit dan terasa nyaman. Faktor 2 terdiri dari karakteristik image merek pelembap baik, bentuk sediaan pelembap dan kulit terasa lembap.Faktor 3 terdiri dari karakteristik harga pelembap murah dan kulit tampak lebih putih. Faktor 4 terdiri dari karakteristik disain kemasan menarik dan warna kemasan menarik.Sedangkan hasil segmentasi merek yang didapat adalah sebagai berikut :Cluster 1 beranggotakan merek Olay, Nivea dan La Tulipe dan cluster 2 beranggotakan merek Sariayu, Ponds, Biokos, Citra Hazeline dan Viva.

References

1. Gerson, Richard F., Mengukur Kepuasan Pelanggan, PPM, Jakarta, 1993.
2. Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Marketing Manajemen, 9e, PT Prenhallindo, Jakarta, 1998.
3. Malhotra, Marketing Research : An Applied Orientation, fourth edition, Pearson Education, New Jersey, 2004.
4. Marzuki, Metodologi Riset, Cetakan 7, BPFE UII, Yogyakarta, 2000
5. Simamora, Analisis Multivariat Pemasaran, Cetakan pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.
6. Supranto, Tehnik Pemasaran dan Ramalan Penjualan, Rineka Cipta, Jakarta, 2001
7. Supranto, Analisis Multivariat: Arti & Interpetasi, Rineka Cipta, Jakarta, 2004.
8. Suharsimi, Prosedur Penelitian, Cetakan 11, Rineka Cipta, Jakarta, 1998

Downloads

Published

0211-09-15

How to Cite

Sumartono, B. RISET PEMASARAN PRODUK-PRODUK PELEMBAB BERDASARKAN METODE ANALISIS FAKTOR DAN KLASTER DI JAKARTA TIMUR. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v1i2.392