IDENTIFIKASI KERUSAKAN KOPLING GESEK PADA KENDARAAN BERMOTOR

Authors

  • Asyari Daryus Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.395

Abstract

Fada sistem transmisi tenaga pada kendaraan ditemui sistem pemindah daya yang terdiri dari kotak transmisi, propeller shaft, diferensial, poros penggerak, axel shaft, dan kopling. Kopling yang umumnya digunakan adalah dari jenis kopling gesek. Rangkaian kopling terletak diantara mesin dan kotak transmisi dan berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan tenaga dari mesin ke transmisi untuk diteruskan ke bagian lainnya melalui
kerja pedal selama perkaitan gigi. Karena kopling merupakan bagian dari pemindah daya maka kita hendaknya mengetahui gangguan atau kendala yang sering dialami dari rangkaian kopling tersebut. Dari pengamatan gangguan yang dijumpai pada kopling secara garis besar bisa dikelompokkan atas tiga yaitu: 1. Pada saat dihubungkan atau dilepaskan, antara mesin dan transmisi hubungannya tidak lembut atau kasar, 2. Pada saat dihubungkan untuk perpindahan tenaga terjadi slip, 3. Pada saat dihubungkan atau dilepaskan, menyebabkan mesin mati. Penyebab dari gangguan ini ada berbagai ragam
namun yang terbanyak adalah pada: a. Pelat gesek: kerusakan bisa berupa aus, hub pelat gesek bengkok, pelat gesek berubah bentuk, adanya oli, gemuk atau minyak pada permukaan pelat gesek, b. Diafragrna: kerusakan yang dijumpai adalah: pegas bengkok atau patah, c. Roda gaya: kerusakan yang dijumpai adalah: keausan.

References

1. Boertanto. Merawat Mesin Bensin Mobil. CV. Aneka Ilmu, Surakarta, 1996.
2. Darmawan, Iwan. Merawat dan Memperbaiki Mabil Bensin. CV. Puspa swara, 1997.
3. Daryanto. Dasardasar Teknik Mesin. PT. Rineka Cipta, Jakarta, 1996.
4. Daryanto. Motor Bensin. CV. YramaWidya, Bandung, 2003.
5. Garg H.P.lndustrial Maintenance. S. Chard &Company, 1997.
6. Heisler H. Vehicle and Engine Techndqy. Edvvard Amold, London, 1985
7. Higgins L.R., D.P. Brautigam, R.K. Mobley. Maintenance Engineering Handbook. McGraw-Hill- lna, 1995.
8. ___, Pedoman Repariasi Chasis dan Body. PT. Toyota Astra Motor.
9.___, Training Manual New Step 1, PT. Toyota Astra, 1995.

Downloads

Published

2012-03-15

How to Cite

Daryus, A. (2012). IDENTIFIKASI KERUSAKAN KOPLING GESEK PADA KENDARAAN BERMOTOR. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.395