ANALISIS PENGUKURAN K]NERJA NfrETODE BALANCED SCORECARD PADA DIVISI KULKAS PT. X DI TANGGERANG

Authors

  • Budi Sumartono Jurusan Teknik Industri Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.399

Keywords:

Balanced Scorecard, Perspektif keuangan, pelanggan, bisnis intemal, pertumbuhan, pembelajaran.

Abstract

Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode balanced dapat dikatakan sebagai suatu pengukuran kinerja yang terintegrasi, karena mempertimbangkan berbagai faktor yang terkait secara lebih mendalam pada aspek finansial dan non finansial. Dalam analisis Balanced Scorccard meliputi empat perspektif, koheren, terukur dan seimbang. Empat perspekif yang meliputi: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan dapat dijadkan sebagai acuan dalam merumuskan strategic plan perusahaan secara komprehensif. Sedangkan koheren dapat diwujudkan dengan mempertimbangkan sebab akibat dalam proses mrumusan strategic plan pada setiap perspektif tersebut.

References

1. Anthony. N Robert and Govindrajan, vijay., Managament Control System, Eight Edition, Richard D. Irwin Inc,1995.
2. Erich. A. Helfert., "Teknik Analisis Keuangan" Petunjuk Praktis Untuk Mengelola &
Mengukur Kinerja Perusahaan.
3. Fahma laila, Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Manajemen, Media Akuntansi, 1996.
4. Mulyadi, Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Jakarta : Salemba Empat, 2001
5. Robert S. Kaplan & David P. Norton., Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Penerbit Erlangga
6. Rudi lndra Hermawan, Analisis Strategi Perusahaan dengan Metode Balanced scorecard,skripsi Program Teknik lndustri IST AKPRIND, yogykarta, 2004.
7. Sony Yuwono, Edy Sukamo, M. Ichsan., Petunjuk Praftis Penyunan Balanced Scorecard, PT: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
8. Supranto, J., Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta : Jakarta, 1997.
9. Tjahjono, Heru Kumianto, Budaya Organisasi dan Balanced Scorecard Dimensi dan teoritik, Yogyakarta: UPFE - UMY, 2004
10. Yuwono, Sony, Edy Sukarno, dan Muhamad Ichsan, Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecad, Jakarta: PT. Gramedia pustaka Utama, 2002
11. http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/balanced-scorecard-definisi-konsep-dan.htmt
12. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/91098095.pdf

Downloads

Published

2012-03-15

How to Cite

Sumartono, B. (2012). ANALISIS PENGUKURAN K]NERJA NfrETODE BALANCED SCORECARD PADA DIVISI KULKAS PT. X DI TANGGERANG. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.399