APLIKASI MONITORING PELAYANAN PETUGAS TERHADAP MASALAH IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI STUDI KASUS UNIT PEI.AYANAN TEKNIS TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNTKASI (UPT TIK) UNIVERSITAS DARMA PERSADA

Authors

  • Suzuki Syofian Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada
  • Alia Febriany Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.401

Keywords:

TIK, PHP, Database, MySQL

Abstract

Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi Komunikasi (UPT TIK) Universitas Darma Persada seringkali mendapat permintaan dari pengguna untuk memperbaiki komputer dalam hal software, hardware dan sistem yang berhubungan dengan komputerisasi Universitas Darma Persada. Permintaan yang diajukan pengguna saat ini masih dicatat dan dikelola secara manual menyebabkan sulit untuk mengelola dan memonitoring daftar keluhan yang masuk, daftar pekerjaan yang dilakukan oleh petugas TIK, serta pembuatan laporan. Penelitian ini membuat aplikasi yang dapat membantu admin/user/teknisi/administrator dalam mencatatkan keluhan, mencatat pekerjaan, membuat laporan keluhan, mengganti password, menambah dan menghapus hak akses aplikasi serta pencarian berdasarkan kelompok tertentu seperti berdasarkan jenis keluhan, fakultas, teknisi yang menangani, serfa status keluhan yang telah di tanggani dan belum ditangani yang berhubungan dengan komputer dilingkup UNSADA dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database My SQL. Hasil penelitian ini beruna aplikasi yang dapat memberikan kemudahan dalam mencatatkan keluhan, mengelota data keluhan, dan memonitoring pekerjaan petugas TIK dibandingkan sistem sebelumnya. User/admin/administrator hanya perlu menginput data keluhan sehingga dapat mempersingkat waktu proses penanganan keluhan

References

1. Andi Sunyoto, M. K.om, 2008, Ajax Teknologi Asynchrcncuse JavaSScript & XML, ANDI
2. David M. Kroenke,2007. Database Processing Jilid 1 edisi 9, halaman 60. Erlangga.
3. Dedik Kumiawan, 2009, The Master of 3. Elex Media Komputindo
4. Eriyatno. 1999. "llmu Sistem: Meningkatkan Mutu dan Efektivitas Manajemen. Jilid Satu. IPB Press, Bogor
5. Forta, Ben. 2000. SQL, Yogyakarta: AndiYogyakarta
6. Fathansyah, lr. 1999. Basis Data. Bandung : Informatika
7. Henry F. Korth, Abraham SilberschaE, Database Sysfem Concepts; 2nd Edition
8. Longley, Dennis; Shain, Michael (1985), Dictionary of Information Technology (2 ed.), Macmillan Press, p.164
9. Munawar, 2005. "Pemodelan visual dengan UML", Penerbit GRAHA lLMU,Yogyakarta.
10. Prasetyo, Didik M, 2002, Belajar Sendiri Administnsi Database Server MySQL, Yogjakarta: PT. Elex Media Komputindo
11. Tim KBBI, 2005, Kamus Besar Bahasa lndonesia.
12. Vita Prihatoni Purnomo, 2008 , 100% Javascript, Dian Rakyat

Downloads

Published

2012-03-15

How to Cite

Syofian, S., & Febriany, A. (2012). APLIKASI MONITORING PELAYANAN PETUGAS TERHADAP MASALAH IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI STUDI KASUS UNIT PEI.AYANAN TEKNIS TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNTKASI (UPT TIK) UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v2i1.401