LAYANAN PASIEN DENGAN METODE QFD DI RB “X”

Authors

  • Atik Kurnianto Jurusan Teknik Industri Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v5i1.419

Keywords:

QFD

Abstract

Langkah-langkah pemakaian metode QFD yaitu  dengan terlebih dahulu melakukan pengujian data melalui Uji Validitas, Uji Reliabilitas, selanjutnya membuat Matriks Hubungan Karakteristik rumah sakit bersalin terhadap Keinginan Pelanggan, Menguji Tingkat Kepentingan Pelanggan, Menghitung Nilai Posisi Rumah Sakit Bersalin, Menghitung Korelasi rumah sakit bersalin, Menghitung Nilai Target, dan terakhir Membuat House Of QualityHasil yang diperoleh QFD melalui House Of Quality nilai target 232 dan prioritas 6 % yang menunjukan hubungan yang sangat kuat pada karakteristik keinginan pelanggan di variabel prosedur penerimaan pasien.

References

1. Gaspersz, Vincent, Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001.
2. Gaspersz Vincent, Pedoman Implementasi Program Six Sigma, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.
3. Hendradi, Andi, Statistik Six Sigma Dengan MINITAB, Edisi Pertama, CV. ANDI OFFSET, 2006.
4. Wijaya, Tony, Manajemen Kualitas Jasa, Edisi ke-2, PT.Indeks, 2011.

Downloads

Published

0201-03-15

How to Cite

Kurnianto, A. LAYANAN PASIEN DENGAN METODE QFD DI RB “X”. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v5i1.419