PERANCANGAN AWAL MESIN BLEEDING UNTUK OPTIMASI PROSES PERAWATAN SISTEM REM HIDROLIK PADA KENDARAAN MINIBUS

  • Rolan Siregar Universitas Darma Persada
  • Didik Sugiyanto Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Yefri Chan Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Herry Susanto Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Husen Asbanu Program Studi Teknik Mesin Universitas Darma Persada
  • Yendi Esye Program Studi Teknik Elektro Universitas Darma Persada
  • Ario Kurnianto Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
Keywords: Bleeding; Kegagalan rem; Perawatan rem; Rem hidrolik

Abstract

Sistem pengereman merupakan salah satu safety aktif pada kendaraan. Jika ada kegagalan dalam sistem pengereman akan sangat berbahaya bagi pengemudi dan orang disekitarnya. Kegagalan sistem pengereman terjadi dikarenakan adanya udara dan uap air. Yang berada di saluran minyak rem, yang mengakibatkan tekanan minyak rem yang dihasilkan dari master rem berkurang. Maka dilakukannya perawatan dan perbaikan sistem rem secara berkala. Salah satu cara perawatan sistem rem adalah dengan melakukan bleeding atau membuang udara dari saluran rem dari lubang napel caliper rem. Metode bleeding rem salah satunya dengan manual bleeding rem dan ada juga yang digunakan oleh bengkel resmi menggunakan alat yang cukup besar dimensinya, tetapi kurang efisien dalam proses perawatan sistem rem hidrolik. Maka dari itu dirancanglah mesin bleeding rem yang dapat meningkatkan efisiensi dalam proses bleeding rem hidrolik. Mesin yang dirancang adalah mesin bleeding pneumatic yang menggunakan komponen tambahan pneumatic dan besi hollow sebagai rangkanya. Mesin bleeding yang dibuat menggunakan tekanan pressure sebesar 34 Psi sampai dengan 38 Psi. Dan menggunakan tekanan vacuum -3 Psi sampai dengan -5 Psi. Dengan waktu yang dibutuhkan dalam proses bleeding rem hidrolik lebih singkat. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk pengembangan mesin bleeding rem hidrolik selanjutnya.

References

A. Ahmad, “Analisa Vapor Lock Pada Sistem Rem Tipe Hidrolik Pneumatik dan Pengaruhnya Terhadap Daya Pengereman Bus.” Universitas Mercu Buana, 2015.

M. Sujanarko and J. Jamaaluddin, “Arduino Uno-based Brake Safety Design for Matic Motorcycles Rancang Bangun Pengaman Rem Pada Sepeda Motor Matic Berbasis Arduino Uno,” Procedia Eng. Life Sci. Vol, 2023.

T. I. O. Gunawan, “Analisis Kerusakan dan Perbaikan Sistem Rem Cakram Pada Kijang Rover Bensin 1995 (Analysis Of Damage Correction Of Disc Brake System In Kijang Rover Gasoline 1995),” 2017.

A. SAFITRI, “KAJIAN KUALITAS MINYAK REM DILIHAT DARI FLUKTUASI TITIK DIDIHNYA.” POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, 2022.

S. Rolan, A. Mohammad, and S. Danardono A, “Analisis Performa Rem Kendaraan Penumpang Berukuran Sedang (Midsize Passenger’s Car ‘2500 mm< L< 2800 mm’) Menggunakan Model Temperatur Pengereman,” in Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XV (SNTTM XV), 2016, vol. 15.

R. Siregar, M. Adhitya, D. A. Sumarsono, G. Heryana, and F. Zainuri, “Study the Brake Performance of a Passenger Car Based on the Temperature that Occurs in Each Brake Unit,” in AIP Conference Proceedings, 2020, pp. 2–9.

K. Surata, I. N. Budiarthana, and I. Wibawa, “Redesain Alat Bleeding Rem Krndaraan Ringan Dengan Sistem Pneumatik.” Politeknik Negeri Bali, 2022.

R. Y. Pratama and I. M. Arsana, “RANCANG BANGUN ALAT BLEEDING REM SISTEM TERTUTUP PADA MOBIL,” J. Rekayasa Mesin, vol. 5, no. 2, 2019.

V. J. Sandrijo, “PERFORMANCE EVALUATION OF THE VACUUM-TYPE BRAKE FLUID BLEEDER AND RECOVERY MACHINE,” Sci. Int.(Lahore), vol. 34, no. 1, pp. 45–48, 2023.

A. Kawakami, A. Shikada, and K. Miyao, “Control method for brake vapor lock in automobiles,” JSAE Rev., vol. 21, no. 1, pp. 73–78, 2000.

S. Widodo and S. Suprapto, “Pengenalan Teknologi Vakum.” Pustaka Pelajar, 2017.

Published
2024-02-19