USULAN IMPLEMENTASI 5S DAN SISTEM MANAJEMEN PENYIMPANAN BERBASIS IT PADA PENYIMPANAN ALAT BANTU PRODUKSI DI PT. X

  • Alfian Destha Joanda Unsada
  • Putri Monika Program Studi Teknologi Industri Universitas Darma Persada

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki tata kelola tempat penyimpanan alat bantu produksi yang ada di dalam ruangan PT. X dengan metode 5S serta menggunakan sistem informasi manajemen untuk pengelolaan administrasi peminjaman maupun pengembalian barang sehingga proses peminjaman dan pengembalian barang dapat lebih terta rapih, mudah, cepat dan tercatat dengan baik. Metode dalam penelitian yaitu: seiri, seiton, seiso, seiketsu, dan shitsuke dilakukan dengan tahap-tahapan yang tersusun dengan sistematis, kemudian merancang sistem informasi manajemen dengan navigasi tammpilan antarmuka (desain interface). Penelitian ini menghasilkan rancang tata letak barang yang terdokumentasi dengan baik lagi,yang dilengkapi rancangan sistem informasi manajemen sebagai media pendukung untuk meberikan informasi dalam proses peminjaman dan pengembalian alat bantu di ruangan.

References

1. Formoso, C.T., et al, 2002, Material Waste in Building Industry: Main Causes and Prevention, Journal of Construction Engineering and Management. pp 316–325.
2. Intan, S., et al, 2005, Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi : Sumber Penyebab, Kuantitas, dan Biaya, Civil Engineering Dimension, Vol. 7, No.1, pp 36-45.
3. Siswanto, A.B., Modul Kuliah, 2014, Manajemen Material, Untag, Semarang
4. Stukhart, G, 1995, Construction Materials Management, Maroel Dekker,Inc, New York
Published
2024-02-19