ANALISIS HEMAT ENERGI LISTRIK DALAM OPTIMALISASI KINERJA

  • Nur Hasanah unsada
Keywords: Luks ; Pencahayaan ; Uji Duncan ; Waktu Baku

Abstract

Cahaya merupakan faktor terpenting dalam menerangi suatu ruangan, dan akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan kerja fisik. Lingkungan kerja yang baik penerangannya akan menghasilkan kerja yang memenuhi standar yang telah diterapkan. Untuk itu perlu dilakukan beberapa percobaan untuk meneliti pada tingkat penerangan yang sesuai dengan hasil kerja yang dilakukan.
Pencahayaan yang terlalu terang tidak selamanya dapat digunakan sebagai penerangan yang baik untuk proses kerja dalam suatu ruang kerja. Demikian pula dengan penerangan ruangan yang kurang terang akan mengurangi kinerja seseorang pada saat bekerja.

Penelitian dilakukan dengan mengukur dan membandingkan beberapa tingkat pencahayaan dalam suatu ruangan yang sudah dirancang untuk proses perakitan steker. Dari hasil pengukuran dan analisa dilakukan dengan perhitungan dan uji Duncan, yang menghasilkan penentuan tingkat kepercayaan terhadap pengukuran yang dilakukan pada proses perakitan steker. Dimana kaitannya dengan jumlah produk hasil kerja Perakitan, Pencahayaan, Waktu Baku, dan Energi . Dari hasil pengukuran proses perakitan steker diperoleh kondisi yang terbaik, efisien dan optimal pada pencahayaan 44 Luks dengan waktu perakitan 42.8 detik. Dimana pada pencahayaan tersebut menghasilkan kapasitas produksi optimal sebanyak 462 unit produk. Adapun keterkaitan antara energi paling efisien yang digunakan untuk proses perakitan steker dengan daya listrik penerangan yang optimal dan lebih hemat yang dapat menghasilkan produk yang optimal.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Barnes,R.M. (1980),Motion and Time Study Design and Measurement of Work (7 ed.),New York: John Wiley & Sons, Inc.
[2] Caecilia, Yuniar, & Buanawan, A. (2003), Perancangan Stasiun Perakitan di Laboratorium Analisis
[3] Perancangan Kerja dan Ergonomi Institut Teknologi Nasional
Published
2024-02-19