PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSATAKAAN BERBASIS WEB DENGAN LARAVEL

  • Bagus Mahardika Unsada

Abstract

Sistem Informasi Perpustakaan merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung kegiatan pendidikan di SMK, Proses yang ada saat ini masih konvensional yang bisa memperlambat proses peminjaman maupun pengembalian buku. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti mengusulkan penerapan Sistem Informasi Perpustakaan berbasis framework laravel untuk membantu anggota maupun admin perpustakaan menemukan informasi buku dan dapat mengolah, menyimpan, dan mendistribusikan data buku dengan akurat. Tujuan dari aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan perpustakaan serta dapat merancang dan mengembangkan sebuah sistem informasi perpustakaan berbasis framework Laravel yang dapat digunakan di SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Wawancara. Sistem informasi perpustakaan ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pencarian buku, peminjaman, pengembalian buku, serta terdapat laporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi perpustakaan yang dirancang dapat membantu pengelolaan perpustakaan di SMK menjadi lebih efektif dan efisien.

References

A. Eskha, “Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar,” J. Imam Bonjol Kaji. Ilmu Inf. dan Perpust., vol. 2, no. 1, hal. 12–18, 2018.
[2]
S. F. Pane, W. K. Sari, dan Z. A. Wicaksono, Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Kreatif, 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://books.google.co.id/books?id=3s3X DwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA4 1#v=onepage&q&f=false
[3]
M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, hal. 113–121, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurt i/article/view/425
[4]
T. Bin Tahir, M. Rais, dan M. Apriyadi HS, “Aplikasi Point OF Sales Menggunakan Framework Laravel,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 2, hal. 55–59, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i2.1313.
[5]
M Ali Maksum, “Apa itu Laravel? Pengertian, Fitur dan Kelebihannya,”
Published
2024-02-19