PEMANFAATAN METODE OPEN ENDED DAN PROFILE MATCHING DALAM MENENTUKAN MATA KULIAH PEMINATAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DARMA PERSADA BERDASARKAN HASIL TES KEMAMPUAN DASAR

Authors

  • Mira Febriana Sesunan Universitas Darma Persada
  • Elvina Abirahma Program Studi Sistem Informasi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v14i2.513

Abstract

Penentuan mata kuliah peminatan tidak selalu sesuai dengan kemampuan dasar mahasiswa, hal ini  menjadi penghambat pengembangan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa walaupun tidak wajib mengambil semua mata kuliah peminatan yang biasanya dialokasikan dalam kurikulum mulai dari semester 5. Permasalahan yang sering terjadi yaitu disebabkan mahasiswa mengalami kebingungan ketika memilih mata kuliah peminatan dikarenakan kurangnya informasi dan bimbingan bagaimana memilih mata kuliah peminatan yang tepat sesuai dengan kelompok bidang keahliannya. Dalam permasalahan tersebut penelitian bertujuan membangun sistem informasi penentuan mata kuliah peminatan berdasarkan tes kemampuan dasar pada prodi sistem informasi Universitas Darma Persada. Proses ini dilakukan menggunakan metode penyelesaian masalah yaitu metode open ended dan profile matching, metode open ended digunakan untuk melakukan tes kemampuan dasar untuk mahasiswa, sedangkan metode profile matching digunakan untuk mengolah data dari hasil tes kemapuan dasar yang digabungkan dengan nilai mahasiswa dan hasilnya berupa bobot nilai untuk dapat menentukan mata kuliah peminatan mahasiswa. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan prototype yang akan memberikan umpan balik sehingga sistem informasi dalam penentuan mata kuliah peminatan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil yang didapat dalam penelitian dengan adanya sistem informasi penentuan mata kuliah peminatan, mahasiswa tidak lagi mengalami kebingungan atau kesulitan dalam memilih mata kuliah peminatan, dan sistem ini dapat membantu dalam memilih mata kuliah peminatan berdasarkan nilai dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

 

Kata kunci : Open Ended; Penentuan Mata Kuliah Peminatan; Profile Matching ; Prototype; Tes Kemampuan Dasar 

References

[1] Alifa, Fauziah, Utami Warih Ardhini, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Mata Kuliah Menggunakan Metode Weighted Product”, Jurnal Manajemen Informatika Surabaya, 2017.

[2] Arifin Zainal, (2016), Evaluasi Produk (Teknologi, Prinsip, dan Produksi) Edisi Kedelapan, Rosda Karya Jakarta.

[3] Eka Pratama, I Putu Agus, (2013: 7), Sistem Informasi dan Aplikasi, Informatika Bandung.

[4] Fahrurrozi, & Hamdi, S, (2007: 56), Metode Pengajaran Matematika, Universitas Hamzanwadi Press NTB.

[5] J. Greenberg R.A. and Baron, (2007), Organizational behavior, (9th ed., p. 38), Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

[6] Jogiyanto, (2017), Dasar-Dasar Sistem Informasi, Andi Offset Yogyakarta.

[7] L. Latif. A., M. Jamil, dan S. Abbas H, (2018), Buku Ajar Teori dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, CV Budi Utama Yogyakarta.

[8] Maryati, Kun, dan Suryawati, Juju, (2010: 59), Pengantar Sosiologi, Erlangga Jakarta.

[9] Mulyadi, (2010: 5), Sistem Akuntansi, Salemba Empat Jakarta.

[10] Mulyani, Sri, (2016:38), Perancangan dan Analisis Sistem, Abdi Sistematika Bandung.

[11] Pressman, Roger, S, (2012), Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi, Edisi 7, Andi Offset Yogyakarta.

[12] Romney, Marshall B. dan Paul John Steinbar, (2017), Edisi ketiga belas dari Sistem Informasi Akuntansi, Salemba Empat Jakarta.

[13] Sutarman, (2012), Buku Pengantar Teknologi Informasi, Bumi Aksara Jakarta.

[14] W., Julian Chandra, “Studi Kasus Tentang Penerapan Sistem Informasi Akademik di SMP Negeri 20 Bandung”, Jurnal Profit Vol.1, pp. 20, 2013.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Sesunan, M. F., & Abirahma, E. (2024). PEMANFAATAN METODE OPEN ENDED DAN PROFILE MATCHING DALAM MENENTUKAN MATA KULIAH PEMINATAN PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DARMA PERSADA BERDASARKAN HASIL TES KEMAMPUAN DASAR . Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 14(2), 22–32. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v14i2.513