PRESENSI KARYAWAN BERPINDAH DENGAN AUTENTIKASI WAJAH DAN JARAK MENGGUNAKAN SISTEM TEMPLATE MATCHING DAN INFRENSIAL FUZZY

  • Herianto Herianto Program Studi Teknik Informatika Universitas Darma Persada
  • akmal aditya
Keywords: Absensi, Template Matching, Havershine, Fuzzy Mamdani

Abstract

Presensi karyawan di PT. Djawara Indonesia yang sering berpindah tugas (bergerak) masih menggunakan lembaran kertas form  yang menyebabkan penumpukan kertas dan tidak efisiennya dalam melakukan laporan pencarian. Kelemahan lainnya dari sistem absensi manual tersebut adalah sulitnya pimpinan melakukan autentikasi apakah absensi yang dilakukan oleh karyawan tersebut valid atau tidak. Untuk itu diusulkan sistem untuk mencegah adanya kecurangan karyawan melalui metoda identifikasi wajah sebagai sarana  Presensi demi mencegah penipuan absen, serta sistem pelacakan lokasi karyawan tersebut berada saat proses absen berlangsung. Telah dikembangkan sistem Absensi Karyawan Event Organizer dengan Autentikasi Photo Wajah menggunakan Metode Template Matching, dan deteksi jarak karyawan terhadap lokasi kerja dengan Havershin, hasilnya diolah dengan Inferensial Sistem Fuzzy. Sistem yang dikembangkan berhasil bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

References

1. Aditya Mohamad Rahman. 2006. Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Template Matching.
2. Betha Sidiq,Ir. 2001. Pemograman Web dengan PHP.
3. Dahlia, Elmina. 2010. Skripsi. Aplikasi Alternatif Pengganti Finggerprint Menggunakan Face Recognition Untuk Absensi Dosen Dan Karyawan Unsada.
4. Handini, Ade. 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol 4 No 2 : 111.
5. Jubulee Enterprise. 2016. Pemrograman Bootstrap Untuk Pemula.
6. Kadir, Abdul. 2011. Buku Pintar Jquery dan PHP,. Yogyakarta: Mediakom.
7. Kindarto, Asdani. 2008. Asyik Berinternet dengan Beragam Layanan Google. Yogyakarta: Penerbit Andi.
8. Michael Yoseph Ricky. 2009. Pengenalan Computer Vision Menggunakan OpenCV Dan Fltk.
9. Nugroho, Adi. 2017. Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan C#. Yogyakarta : Penerbit Andi.
10. Satya Komatineni dan Dave MacLean. 2012. Pro Android 4.
11. Setiawan, Didik. 2017. Buku Sakti Pemrograman Web. Yogyakarta : StarUp.
Published
2021-04-12