RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PREDIKSI PINJAMAN PADA KOPERASI PANCA BHAKTI BEKASI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

  • Nur Syamsiyah Program Studi Sistem Informasi Universitas Darma Persada
  • Ismi Tofany

Abstract

Koperasi Panca Bhakti memiliki jumlah anggota yang banyak juga kegiatan administrasi besar setiap harinya, dan pengajuan pinjaman dari tiap anggotanya. Pihak koperasi tidak melakukan analisa dalam memberikan pinjaman pada anggota yang melakukan pengajuan. Tentu hal tersebut menjadi masalah bagi koperasi itu sendiri. Kebutuhan untuk mengetahui dan membedakan antara anggota baik dan bermasalah perlu dibangun sehingga pihak yang berkepentingan dapat mengambil salah satu tindakan pencegahan terjadinya masalah kredit macet.

Oleh karena itu, dibutuhkannya suatu sistem yang dapat memprediksi pinjaman anggota. Dalam penelitian ini menggunakan prediksi dengan algortitma C4.5 untuk membentuk rule pohon keputusan berdasarkan preferensi anggota dan data historycal. Dari hasil pengujian dengan mengukur kinerja algoritma tersebut menggunakan metode pengujian confusion matrix.

Proses dari perancangan sistem informasi prediksi pinjaman menggunakan algoritma C4.5 ini yaitu untuk memudahkan pihak koperasi dalam memberikan pinjaman besar dengan dilakukannya prediksi terlebih dahulu pada anggota yang melakukan pengajuan, tujuannya agar menghindari terjadinya kredit macet pada koperasi.

References

1. Andriani, Anik. Penerapan Algoritma C4.5 Pada Program Klasifikasi Mahasiswa Dropout. Jakarta : AMIK BSI.
2. Badriza, Rezki. 2014. Implementasi Data Mining Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Pembayaran Pinjaman Pada Koperasi Simpan Pinjam Primkoveri Bina Bakti Pemalang. Yogyakarta : STMIK AMIKOM.
3. C.R.Kothari, 2004, Research Methology Methods and Techniques. India: New Age International Limited.
4. Han, Jiawei. Kamber, Micheline. Pei, Jian, 2012, Data Mining Concepts and Techniques. United States of America : Elsevier.
5. Kusrini, Luthfi Taufiq Emha, 2009, Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi.
Published
2021-04-12