PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODA SIX SIGMA GUNA MENURUNKAN DEFECT PRODUK HUB NEW TD BT1917 DI PT BRAJA MUKTI CAKRA

  • Fresty Senti Siahaan Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
  • Andre Ahmad F Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
Keywords: Tingkatkan Kualitas

Abstract

Dalam era industri 4.0 alat penunjang produksi sangatlah penting peruntukannya dalam mencapai kualitas produk yang optimal dengan demikian akan meningkatkan kinerja dalam perusahaan. PT Braja Mukti Cakra mempersiapkan diri untuk  mengembangkan sistem produksinya  dalam meningkatkan kualitas.  Kualitas menjadi satu faktor utama agar perusahaan dapat bersaing merebut pasar.  Menerapkan sistem pengendalian kualitas yang tepat mempunyai tujuan dan tahapan yang jelas, serta melakukan pencegahan dan penyelesaian masalah yang dihadapi perusahaan. Biaya yang timbul akibat dari adanya produk cacat tersebut akan menyebabkan terjadinya peningkatan biaya produksi. Oleh karena itu, penelitian mengenai Six Sigma sebagai sistem saran dalam rangka mencipktakan perbaikan yang terus menerus.

References

1. Caesaron , Dino. 2016. Jurnal PASTI. Penerapan Metode SIX SIGMA Dengan Pendekatan DMAIC Pada Proses Handling Painted Body BMW X3 ((STUDI KASUS: PT. TJAHJA SAKTI MOTOR).Vol. IX No.3 , hal 248 – 256.
2. Dyadem, 2003, Guidelines for Failure Mode and Effect Analysis, For Automotive, Aerospace and General manufacturing Industries, CRC Press, Boca Raton London new Uork Washington, D,C.
3. Gasverz, Vincent, 2001, Total Quality Manajement, Jakarta , PT Gramedia Pustaka Utama.
4. Gaspers, Vincent, 2001, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, Jakarta , Penerbit PT, Gramedia Pustaka Utama.
5. Gupta, Praveen, 2004, The Six Sigma Performance Handbook, A Statistical Guide to Optimizing Results, New York, MC, Grow Hill.
6. Pande, S. Peter, 2002, The Six Sigma Way Handbook, Bagaimana GE, Motorolla dan Perusahaan Terkenal Lainnya, Jogyakarta, Penerbit ANDI.
7. Purnama Jaka. 2016, Jurnal SimanteC. Peningkatan Produktivitas Dengan Implementasi Metode SIX SIGMA Pada Produk Elemen Boiler.Vol.5 No.3 , hal 124 – 132.
8. Pyzdek, Thomas, 2002, The Six Sigma Handbook. Panduan lengkap Untuk Greenbelts, Blackbelts, dan Manajer pada Semua Tingkatan, Jakarta: Salemba Empat.
9. Rimantho Dino, 2017, JURNAL ILMIAH TEKNIK INDUSTRI. Penerapan Metode Six Sigma Pada Pengendalian Kualitas Air Baku Pada Produksi Makanan. Vol.16 No.1 , hal 1- 12.
10. Safriza, 2016, JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN. Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma . Vol.5 No.2 , hal 615 – 626.
11. Kho, Budi, 2018, Pengertian Diagram SIPOC dan Cara Membuatnya. https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-diagram-sipoc-cara-membuat-sipoc/
Published
2019-04-12