ANALISIS KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI PENYEBERANGAN LAUT DI INDONESIA

  • Danny Faturachman Program Studi Teknik Kelautan Universitas Darma Persada

Abstract

Penelitian penyeberangan pada lintas Merak-Bakauheni dilakukan untuk menganalisis pergerakan orang dan barang dengan mendasarkan pada waktu pelayanan, · jumlah kapal penyeberangan, dan jumlah dermaga, sehingga dapat tercapai penyelenggaraan pelayanan angkutan penyeberangan yang cepat, tepat, aman, dan nyaman. PT. ASDP Indonesia Ferry Persero sebagai penyelenggara penyeberangan sangatlah berperan penting dalam menyelenggarakan transportasi publik yang layak di Negara kita. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keselamatan dan keamanan di bidang transportasi penyeberangan laut di Indonesia serta masih belum adanya standar keselamatan dan keamanan transportasi penyeberangan laut dengan melihat kondisi peralatan keselamatan yang tersedia di kapal dan kondisi pelabuhan penyeberangan laut di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian literatur berupa aturan-aturan yang digunakan serta penelitian lapangan.dengan mengambil lokasi di Merak. Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni adalah jalur lintas penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Dengan perannya sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi antar pulau, diharapkan kelancaran pergerakan penumpang dan barang dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

References

1. Abrahamson, B.J, 1980, International Ocean Shipping: Current Concepts and Principles, West View Press, Inc Boulder, Colorado.
2. Firdaus, Agus Kurniawan, 2012, Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa dalam Pelayanan PT. ASDP Indonesia Ferry di Pelabuhan Merak Banten, Skrpsi Untirta.
3. Morlok, K. Edward, 1985, Introduction to Transportation Planning; Pengantar Teknik Perencanaan Transportasi. Alih bahasa: K. Hainim, Penerbit Erlangga, Jakarta.
4. Menheim, Marvin L., 1978, Fundamental of Transportation System, Graw-Hill Inc,
5. Abrahamson, B.J. 1980, International Ocean Shipping: Current Concepts and Principles, West View Press, Inc Boulder, Colorado.
6. Papacotas, C.S. and Prevedouros, P.D. 1993, Transportation Engineering and Planning, 2nd ed, Prentice Hall, New Jersey.
7. Peraturan Pemerintah No. 65 tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal.
8. Putri, Santasari Ndiwa, 2011, Efektifitas Pelayanan Pelabuhan oleh PT. ASDP (Persero) Merak Propinsi Banten, Skripsi Untirta.
9. Studi Standardisasi di Bidang Keselamatan & Keamanan Transportasi Laut, P.T. Sumaplan Adicipta Persada, Jakarta, 2010.
10. Suwarto, Drs. Amin, M.Si, 2010, Penelitian Penyeberangan pada Lintas Merak-Bakauheni sampai dengan tahun 2050, Penelitian RISTEK.
11. Undang-Undang No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, 2008. Biro Hukum dan KSLN DepHub, Jakarta.
Published
2019-04-12