STUDI KELAYAKAN PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN SETU AGRAPANA MELALUI PERHITUNGAN PP, NPV, DAN IRR

  • Atik Kurnianto Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
Keywords: PP, NPV, IRR

Abstract

PT. “X” merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang infrastruktur, yang akan melakukan pembangunan perumahan di Setu Agrapana melalui kerja sama dengan pihak investor. Perusahaan tentunya harus bisa meyakinkan investor agar kerjasama proyek perumahan dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan kedua belah pihak, dengan cara melakukan analisis kelayakan melalui aspek Finansial.
Kreteria kelayakan investasi suatu proyek melalui aspek finansial menggunakan metode PP (Payback Period) yaitu suatu investasi yang diusulkan dinyatakan layak jika PP lebih pendek dibandingkan dengan PP. Kemudian menggunakan NPV (Net Present Value) yaitu nilai sekarang dari seluruh aliran kas mulai sekarang sampai akhir proyek, selanjutnya memakai IRR (Internal Rate of Return) yang merupakan metode untuk menghitung tingkat bunga yang dapat menyamakan antara present value dari semua aliran kas masuk dengan aliran kas keluar dari suatu investasi proyek,
.
Melalui perhitungan dengan menggunakan metode PP, NPV maupun IRR diharapkan proyek “Perumahan Setu Agrapana” layak untuk dikerjakan dan menguntungkan serta modal investasi dapat dikembalikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan

References

1. Giatman, M, 2006, Ekonomi Teknik. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
2. Kasmir, Jakfar, 2003, Studi Kelayakan Bisnis. Edisi kedua. Prenada Media, Jakarta-Timur.
3. Kuncoro, M, 2009, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis ?. Edisi 3. Erlangga, Jakarta.
4. Ratna, P, 2009, Analisis Kelayakan Usaha Jati Unggul Nusantara Dengan Pola Bagi Hasil. Skripsi tidak di terbitkan, Bogor, ITB Bogor
5. Riduwan, Sunarto, 2010, Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Edisi Ketiga. Alfabeta, Bandung.
6. Robiansah, 2009, Analis Kepuasan Konsumen Terhadap Kinerja Pelayan di Maroon Café n’ Resto Menggunakan Metode Importance Perfomance Analisys dan Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”. CV. Alfabeta, Bandung.
7. Suliyanto, 2010, Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Penerbit Andi, Yogyakarta.
8. Suratman, 2001, Studi Kelayakan Proyek Teknik dan Penyusunan Laporan. Edisi pertama J&J Learning, Yogyakarta.
9. Umar, Husein, 2008, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi kedua. PT. Raja Grafindo Persada , Jakarta.
Published
2020-03-13