IMPLEMENTASI K-NN DAN AHP UNTUK REKOMENDASI MODEL PAKAIAN TOKO ONLINE

  • Herianto Herianto Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Nila Cahyaningrum Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
Keywords: Rekomendasi, Analytic Hierarchi Process, K -Nearest Neighbor

Abstract

Dalam era globalisasi, persaingan bisnis menjadi sangat tajam, baik dipasar nasional maupun di pasar internasional. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing juga menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih memuaskan dibandingkan para pesaing. Kualitas merupakan faktor terpenting untuk menghasilkan standart mutu dalam mengambil keputusan. Peneliti ini memanfaatkan metode AHP (Analytic Hierarchi Process) yang bekerja berdasaran struktur hierarki dalam menentukan kriteria-kriteria dan alternatif-alternatif pilihan dan menghitung nilai Eigen Vector dan menguji konsistensinya. Hasilnya membuktikan bahwa sistem penunjang keputusan untuk menentukan penjahit yang sesuai berdasarkan jenis pakaian dan penggunanya dapat tercapai . Tentu saja metode AHP lebih cepat dibandingkan perhitungan secara manual sehingga bisa lebih efesien dan tingkat keakuratan data lebi baik. Metode KNN (K-Nearest Neighbor) digunakan untuk melakukan klasifikasi terhadap objek berdasarkan data sebelumnya dan hasil dari query instance yang baru dapat diklasifikasikan berdasarkan mayoritas kategori pada KNN.

References

1. Edy Winarmo ST, M Eng, Ali Zaki, Dan SmithDev, 2014, Pemrograman Web Mencakup : HTML, CSS, Javascript dan PHP, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
2. Hendry, 2015, VB & MySql, Penerbit PT.Gramedia, Jakarta.
3. Hidayat, W, 2016, Pengertian Perancangan, CERITA
4. Jubilee Enterprise, 2016, Pengenalan HTML dan CSS, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta
5. Muslihudin, Muhammad dan Oktavianto, 2016, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML, CV. Andi Offset, Yogyakarta
6. Priyanto Hidayatullah, Jauhari Khairul Kawistara, 2017, Pemrograman Web. Penerbit INFORMATIKA, Bandung.
7. Perdanawanti, 2016, Rancang Bangun Sistem Informasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Desa Siaga di Puskesmas Kalibagor Kabupaten Banyumas, Penerbit Andi.
8. Wahyu Hidayat dkk dalam jurnal CERITA. 2016:49, Perancangan, Informatika ,Bandung.
9. Sardizar, Edward, dan Johan, 2017, Mendefinisikan Web Pada Rumah Makan Tosuka Tangerang.
10. Aldo Sahala, 2014, 30++ Amazing Jquery Example"
11. Rosa A.S dan M Shalahuddin, 2015, UML
12. Romi Satrio Wahono, 2014, Pengantar Unified Modeling Language (UML)
13. Poetra, 2017, User Interface
14. Marisa, Purnomo, 2017, User interface
Published
2020-09-13