IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING PADA GAME INTERAKTIF “BERSIHKAN KOTAKU” DENGAN PENDEKATAN GAMIFICATION BERBASIS ANDROID

Authors

  • Alpin Alpin Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada
  • Suzuki Syofian Program Studi Teknologi Informasi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.70746/jstunsada.v10i2.84

Keywords:

Animasi 2D, Multimedia, Android, Game Mobile

Abstract

Teknologi perangkat lunak telah menjadi populer saat ini. Adanya android, manusia bisa mendapatkan hiburan tanpa harus pergi ke suatu tempat salah satunya melalui game yang terdapat di android. Banyak pilihan game yang menarik dan mengasyikkan untuk dimainkan setiap hari saat ini, namun sayangnya materi yang terkandung dalam game lebih ditujukan hanya untuk hiburan dan sedikit yang bermanfaat dilihat dari nilainya. Masalah ini menimbulkan ide untuk mengambil inisiatif membuat game yang berisi unsur-unsur dan nilai-nilai pendidikan dalam menjaga kebersihan. Jadi saat game ini dimainkan, pengguna tidak hanya merasa mengasyikkan tapi juga terdapat pesan dalam menjaga kebersihan pada game ini. Game ini diberi nama "BERSIHKAN KOTA KU". Perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangan game interaktif ini menggunakan unity 3D yang merupakan sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Permasalahannya bagaimana menyajikan edukasi tentang menjaga kebersihan dari sampah sejak dini dengan media game interaktif berbasis android dengan menggunakan metode Forward Chaining dan pendekatan Gamification untuk menghasilkan game yang menarik.

References

1. Apriyani, N. K, 2017, Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Bandar Lampung.
2. Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S, 2019, Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
3. Asrining, 2016, Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran, Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 593-607-Halaman 597. wuwuh@ut.ac.id
4. Delfanti, R. L., Piccioni, D. E., Handwerker, J., Bahrami, N., Krishnan, A. P., Karunamuni, R., Hattangadi-Gluth, J. A., Seibert, T. M., Srikant, A., Jones, K. A., Snyder, V. S., Dale, A. M., White, N. S., McDonald, C. R., Farid, N., Louis, D. N., Perry, A., Reifenberger, G., von Deimling, A., … Papers, G, 2018, No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499–2508. https://doi.org/10.1056/nejmoa1407279
5. Dzikrullah M, 2015, Penerapan Metode Forward Chaining untuk Pelevelan pada Game Pembelajaran Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
6. Hardiana, D, 2018, Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Pantai Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat,Jurnal Buana, 2(2), 495. https://doi.org/10.24036/student.v2i2.98
7. Istiqlal, M, 2017, Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika, JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
8. Jusuf, H, 2016, Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran, Jurnal TICOM, 5(1), 1–6. https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf
9. Kurniawati, I. D., & Nita, S, 2018, Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa, DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
10. Marissa, R., & -, E, 2016, Implementasi Metode Forward Chaining untuk Menentukan Kenaikan Level pada Game Finding Selais. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 1(1), 1. https://doi.org/10.33372/stn.v1i1.7
11. O., G. S, 2018, No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Society, 1, 14–18. https://movisa.org.mx/images/NoBS_Report.pdf

12. Priyana, R., & Handayani, E. T. E, 2019, Perancangan Game “Heroes Surabaya” Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android, J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.37438/jimp.v4i1.192
13. Putra, Y. S., Muslim, M. A., & Naba, A, 2013, Game Chicken Roll Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining, Eeccis, 7(1), 41–46. https://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/view/200
14. Rohmah, S. N, 2017, Konsep Kebersihan Lingkungan Prespektif Pendidikan Islam, Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga, 103–107.
15. Sugiharni, G. A. D., & Divayana, D. G. H, 2017, Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 20. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9926
16. Sukmana, J, 2018, Metode 2D Hybrid Animaton Dalam Pembuatan Film Animasi Di Macromedia Flash Mx. Pseudocode, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.29-36
17. Swatriani, R, 2018, Analisis Hubungan System Usability Scale Dengan Deskilling Pengguna, Desain & Seni, FDSK - UMB, 5, 80–92.
18. Untuk, D., Salah, M., Syarat, S., & Sarjana, M. G, 2017, Pembuatan game balap kucing dengan unity berbasis android, skripsi.
19. Widada, 2019, Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Professional CS6, Penerbit Gava Media,Yogyakarta
20. Wuryandari, A., & Akmaliyah, M, 2016, Game Interaktif Mencegah Terjadinya Pemanasan Global Untuk Anak, Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(1), 311. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.520

Downloads

Published

2020-09-13

How to Cite

Alpin, A., & Syofian, S. (2020). IMPLEMENTASI FORWARD CHAINING PADA GAME INTERAKTIF “BERSIHKAN KOTAKU” DENGAN PENDEKATAN GAMIFICATION BERBASIS ANDROID. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 10(2), 20–29. https://doi.org/10.70746/jstunsada.v10i2.84