PERANCANGAN MEJA KERJA YANG ERGONOMIS UNTUK MEMBANTU PROSES REPAIR STRIPPING MIRRORS DENGAN METODE RULA

  • Atik Kurnianto Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
  • Yoga Andrian Program Studi Teknik Industri Universitas Darma Persada
Keywords: Postur Kerja, Repair Stripping Mirrors, Ergonomi, Antropometri, Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

Abstract

Kegiatan penelitian dilakukan pada kesempatan ini adalah merancang Meja Kerja sebagai alat bantu pekerja dalam proses Repair Stripping Mirrors. Permasalahan dari penelitian ini adalah adanya keluhan musculoskeletal, yaitu merupakan keluhan pada bagian otot-otot skeletal yang dirasakan oleh pekerja akibat pemaksaan posisi tubuh yang tidak wajar atau buruk dan berulang dalam bekerja. Proses saat ini repair dilakukan pada kondisinya tidak sesuai dengan standart proses Repair Stripping Mirrors karena dilakukan secara manual dan tidak ergonomi dengan cara dibersihkan dengan cairan khusus, pada aktifitas repair tersebut maka terjadi keluhan dari pekerja mengenai rasa sakit yang terjadi selang berapa lama melakukan pekerjaan repair tersebut.
Metode yang digunakan untuk mengatasi keluhan dari pekerja tersebut dengan RULA (Rapid Upper Limb Assessment ), RULA adalah suatu metode analisis untuk mengevaluasi postur kerja seorang pekerja terhadap mesin kerja atau sistem kerja yang dioperasikan dan untuk menginvestigasi gangguan pada anggota tubuh bagian atas. Dari hasil analisa diketahui maka alat bantu yang baik untuk perbaikan postur kerja yang tidak baik saat proses Repair Stripping Mirrors dengan menggunakan meja kerja yang ergonomis, sehingga alat bantu tersebut bisa menyesuaikan terhadap postur kerja dan bisa memperbaiki postur kerja yang tidak baik.

References

1. Anna B, 2012, Pemanfaatan citra dua dimensi pada perancangan sistem pengukuran antropometri circumference secara digital, Thesis, Universitas Gajah Mada, Jogyakarta
2. Crawford, Joane O., 2007, The Nordic Musculoskeletal Questionnaire, Occupational Medicine, 57(4) : 300-301.
3. Iridiastadi, Hardianto, 2015, Ergonomi Suatu Pengantar,: PT . Remaja Rosdakarya, Bandung
4. Lueder, R, 1996, A proposed RULA for Computer Users. Procendings of the Ergonomics Summer Workshop, UC Berkeley Center for Occupational&Enviroment Health Continuing Education Program, San Francisco, August 8 -9, 1996.
5. https://academic.oup.com/occmed/article/57/4/300/2751338, diakses 20 April 2020.
Published
2020-09-13