REVIEW VARIASI TEMPERATUR DI EVAPORATOR UNTUK PENERAPAN ICE SLURRY PADA KAPAL IKAN 30 GT

  • Muswar Muslim Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Universitas Darma Persada
  • Ayom Buwono Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Universitas Darma Persada
  • Mohammad Danil Arifin Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Universitas Darma Persada
  • Shahrin Febrian Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Universitas Darma Persada
Keywords: Ice Slurry, Evaporator, Rate Temperature, Kapal Ikan

Abstract

Kebutuhan tempat penyimpanan ikan hasil tangkap pada kapal-kapal nelayan semakin penting untuk menjaga agar tekstur ikan hasil tangkapan masih tetap dalam kondisi baik dan tidak rusak ketika sampai ke tangan pembeli. Pengunaan ice slurry (bubur es) menjadi pilihan terbaik karena Ice slurry dapat menjaga agar tidak ada udara diantara ikan dan es sehingga pendinginan ikan menjadi lebih cepat serta  pertumbuhan bakteri menjadi lambat. Penelitian ini merupakan review variasi performa dan temperatur dari berbagai desain dan rancangan ice slurry terutama pada komponen evaporator yang telah dilakukan oleh tiga peneliti. Peneliti yang pertama adalah peneliti A (Fajri) dari UI menghasilkan temperatur mencapai -15 0C dalam waktu 7 jam, Peneliti B (Nasirin) dari IPB mencapai -4 0C dalam waktu 0.45 jam, dan Peneliti C (Suganda) dari ITS mencapai -2.5 0C dalam waktu 14 jam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa performa desain terbaik adalah ice slurry oleh Peneliti A dengan rate temperature mencapai -2.14 0C/jam.

References

1. Fajri Ashfi Rayhan, 2016, Unjuk Kerja Ice Slurry Generator Dengan Refrigenat Propane dan Scraper tipe 2 Blade Symmetric, Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.
2. Muhammad Rais Rahmat, Perancangan Cold Storage Untuk Produk Reagen, Jurnal Imiah Teknik Mesin, Vol. 3, No.1 Februari 2015 Universitas Islam 45 Bekasi, http://ejournal.unismabekasi.ac.id
3. Nasirin, 2016, Rancang Bangun Mesin Pembuat Slurry Ice Untuk Penanganan Ikan Segar di Atas Kapal Ikan, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat.
4. Suganda, 2017, Desain Sistem Pendingin Slurry Ice Pada Kapal Perikanan 30 GT, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya, Jawa Timur.
5. Stoecker, W.F. dan Jerold, J.W, 1994, Refrigerasi dan Pengkondisian Udara, Edisi Kedua, PT. Erlangga, Jakarta.
6. Wiranto Arismunandar dan Heizo Saito, 2002, Penyegaran Udara, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Published
2020-09-13